23 September 2020, 23:32 WIB

Tim Covid Hunter Jatim Bawa Tiga Warga Terdeteksi Positif ke RS


Heri Susetyo | Nusantara

TIM Covid Hunter Jatim yang melakukan tracing (penelusuran) sejumlah wilayah di Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo mendapati tiga warga yang terdeteksi positif covid-19, Rabu (23/9).

Tim Covid Hunter Jatim yang dipimpin Komisaris Yusuf tersebut awalnya menyasar di Jalan Rungkut Tengah IV Surabaya dan berlanjut ke Jalan Rungkut Menanggal Harapan. Tracing yang dilakukan sejak Rabu siang hingga malam tersebut berlanjut ke Jalan Kutisari Indah Barat, Jalan Perum Puri Mas Indah, Jalan Pandugo, bahkan hingga ke Jalan Tenggulunan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.

Saat mendatangi rumah warga, tepatnya di Jalan Rungkut Surabaya, tim mendapati dua orang terdeteksi covid-19. Demikian pula saat di Jalan Tenggulunan Sidoarjo, mereka mendapati satu warga terdeteksi covid-19.

Ketiga orang tersebut kemudian dirujuk ke rumah sakit lapangan Jalan Indrapura Surabaya. Mereka harus diisolasi di sana dan harus menjalani swab ulang hingga menunjukkan hasil negatif.

"Operasi ini sebagai upaya melakukan efektifitas penindakan hukum Inpres Nomor 6 Tahun 2020 termasuk percepatan treatment kepada orang yang terpapar covid-19 melalui rumah sakit dan tempat karantina terpusat daerah Jatim," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Menurut Trunoyudo, ada lima sasaran tim Covid Hunter terhadap orang-orang yang diduga terdeteksi sesuai hasil swab dan data. Selanjutnya tim melakukan evakuasi, mempercepat treatment di RS rujukan. Sebab apabila dilakukan isolasi mandiri dikhawatirkan dapat memunculkan klaster baru pihak keluarga.

"Harapannya, tim Covid Hunter ini bisa memberikan perlindungan dan preventif justice dalam hal efektifitas penindakan atau penegakan hukum," kata Trunoyudo. (J-1)

BERITA TERKAIT