23 September 2020, 21:10 WIB

Polda dan BPN Kerja Sama Selesaikan Problem Pertanahan


Heri Susetyo | Nusantara

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Timur dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) siap bekerja sama dan bersinergi untuk menyelesaikan persoalan pertanahan di tengah masyarakat. 

Kesiapan kerja sama dalam pertanahan ini disampaikan Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran dan Kakanwil BPN Jatim Jonahar, saat pertemuan di lobi Tribrata Polda Jatim, Rabu (23/9). 

Kerja sama kedua instansi tersebut sangat diperlukan karena saat ini masih banyak ditemui persoalan pertanahan di tengah masyarakat. Kerja sama tersebut diharapkan bisa mempercepat penyelesaian persoalan pertanahan di masyarakat. 

"Saya ucapkan selamat datang kepada Kakanwil BPN Jatim yang baru, semoga kita bisa menjalin kerja sama dan sinergi untuk menyelesaikan problem pertanahan yang terjadi," kata Fadil.

Menurut Fadil, apabila ada persoalan pertanahan harus bisa segera diselesaikan agar tidak terjadi sengketa atau konflik berkepanjangan. Apalagi Presiden Jokowi juga menaruh perhatian sangat besar terhadap konflik dan sengketa pertanahan, serta menjadikan isu prioritas yang harus segera dituntaskan. 

Kepala BPN Provinsi Jatim Jonahar mengaku siap membuka pintu selebar-lebarnya untuk bekerja sama dengan Polri dalam menghadapi persoalan atau masalah pertanahan di Jatim. Harapannya agar problem pertanahan di Jatim bisa segera selesai tanpa menimbulkan konflik berkepanjangan di masyarakat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda Jatim beserta pejabat utama Polda yang telah meluangkan waktu untuk menerima silaturahim kami. Selain itu silaturahim untuk mengajak Polda Jatim bekerja sama dengan BPN dalam hal menyelesaikan problem pertanahan di masyarakat," kata Jonahar.

Jonahar menambahkan, kerja sama dalam pertanahan juga sudah pernah dilakukan dengan Polda Jawa Tengah saat dia menjabat  di sana. Kini saat bertugas di Jatim, dia ingin meneruskan jalinan kerja sama itu dengan polda setempat. Bahkan dia berharap hubungan BPN Jatim dengan Polda Jatim bisa terjalin dengan baik. (J-1)

BERITA TERKAIT