23 September 2020, 20:18 WIB

Pulihkan Ekonomi Pemkab Fokus Perbaikan Infrastruktur


Ahmad Yakub | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Tuban pada tahun ini berkomitmen memperbaiki infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak di wilayahnya. Upaya terserbut dalam rangka pemulihan perekonomian selama pandemi korona. Perbaikan dan perawatan jalan yang rusak sempat terhenti karena anggaran pemeliharaan jalan, dialihkan atau dialokasikan untuk penanganan Covid-19.
 
Hal itu disampaikan Bupati Tuban, Fathul Huda saat meninjau kondisi jalan poros desa dan kecamatan di wilayah Kecamatan Soko, dan Parengan. Dua poros jalan ini di beberapa titik perlu diperbaiki lantaran rusak.

Menurut Bupati, perbaikan yang dijadwalkan pada tahun anggaran 2020 sempat tertunda, karena anggaran dialihkan untuk penanganan Covid-19. Pengecekan kondisi jalan tersebut, kata dia, agar jika ada kerusakan jalan bisa segera diperbaiki dan tidak membahayakan masyarakat.

"Jangan sampai warga mengalami kecelakaan akibat jalan yang rusak," ungkap Bupati Huda saat ditemui di lokasi peninjauan di wilayah Soko, Rabu (23/9) siang.

Bupati Huda juga menginstruksikan, agar seluruh camat memperhatikan dan mendata kondisi jalan di wilayahnya. Masyarakat juga dapat melaporkan ke Camat atau dinas terkait, jika menemukan jalan yang rusak.

"Jika camat tidak memberikan laporan akan dikenai sanksi," tegasnya.

Ia menjelaskan, perbaikan dan perawatan jalan yang rusak sempat terhenti karena anggaran pemeliharaan jalan, dialihkan atau dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Saat ini anggaran tersebut telah dikembalikan melalui P-APBD 2020 maka harus segera dilakukan perbaikan. Jika anggaran yang diperlukan kurang akan dialokasikan pada APBD 2021.

"Masyarakat dapatnya diberi pengertian agar tidak terjadi kesalahpahaman," sambung Bupati Huda.

baca juga: Tahun Ini Gedung Majestic Bandung Berumur Satu Abad

Kepala Dinas PUPR Tuban  Agung Supriadi menambahkan pada peninjauan itu beberapa jalan telah masuk pada P-APBD Kabupaten Tuban tahun anggaran 2020. Salah satunya yaitu pemeliharaan jalan paket XVII Mojo-Pandanwangi, dan Mentoro-Pandanagung di Kecamatan Soko. Selain itu beberapa jalan yang akan dimasukkan pada APBD Tuban tahun anggaran 2021. Di antaranya, peningkatan jalan Kenongosari Kecamatan Soko sepanjang 1,5 Km dengan total anggaran Rp2,7 miliar, peningkatan ruas jalan Soko-Simo, dan perbaikan Jembatan Glendeng, Soko. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT