23 September 2020, 18:46 WIB

Fasilitas Mobile PCR Lab Bisa Bantu Tes Covid-19 Lebih Cepat


Eni Kartinah | Humaniora

DARI waktu ke waktu, jumlah pasien yang positif virus korona atau Covid-19 belum menunjukkan penurunan. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir terjadi peningkatan yang luar biasa.

Rumah sakit atau fasilitas kesehatan pun mulai kewalahan untuk menampung pasien Covid-19 di Jakarta. Untuk mendeteksi lebih dini dan penanganan covid-19 lebih cepat, dibutuhkan fasilitas pendukung yang mudah diakses masyarakat.

Untuk itu, perusahaan farmasi PT Pyridam Farma menyediakan Mobile Polymerase Chain Reaction Lab atau lebih dikenal dengan Mobile PCR Lab. Fasilitas itu dioperasikan oleh tenaga medis Tirta Medical Centre. 

Keberadaan Mobile PCR Lab sangat penting, karena bisa lebih cepat membantu mendeteksi pasien yang terpapar Covid-19, sehingga keputusan semakin cepat juga untuk melakukan isolasi atau merawat pasien yang terpapar virus dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

“Kami sebagai perusahaan farmasi sangat mendukung langkah dan program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,”kata kata Ryan Arvin, Corporate Secretary PT Pyridam Farma Tbk, dalam siaran persnya Rabu (23/9). 

Menurut Ryan,  deteksia dini terhadap penyebaran Covid-19 secara cepat, fleksibel dan mudah dijangkau oleh masyarakat, sangat mutlak dilakukan.

“Selain menyediakan obat-obat modern dan tradisional penambah imunitas tubuh dan juga produk-produk yang berhubungan dengan pencegahan serta penanganan Covid-19, kami juga menyediakan Mobile PCR Lab yang akan dioperasikan oleh Tirta Medical Centre,” ujar Ryan.

Ia menambahkan bahwa Mobile PCR Lab yang disediakan Pyridam Farma sudah memenuhi standar protokol kesehatan yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

 Di dalam Mobile PCR Lab, kami sudah sediakan berbagai alat perlengkapan pengetesan virus, seperti mesin PCR dan pendukungnya, PCR reagent test kit dan bahan habis pakai serta alat pelidung diri (APD). 

“Mobile PCR Lab ini sudah menggunakan teknologi terbaru dengan memiliki kapasitas 1.000 tes perhari dan hasilnya akan keluar kurang lebih 2 jam setelah pemeriksaanm” jelas Ryan 

Sementara itu dr. Fitriani Sukri, Direktur Tirta Medical Centre mengatakan bahwa kerja sama ini sudah sangat kami nantikan untuk lebih menunjang kami dalam melakukan pengetesan Covid-19. 

“Melalui Mobile PCR Lab, kami yakin dapat lebih cepat dan lebih akurat dalam pendeteksian keberadaan virus dalam tubuh, baik itu yang memang sedang kondisi sakit tertentu, mempunyai gejala Covid-19, atau sama sekali tidak mempunyai gejala Covid-19, yang lebih dikenal dengan istilah OTG (Orang Tanpa Gejala) atau asimptomatik,” ujar dr.Fitriani. (Nik/OL-09)

BERITA TERKAIT