23 September 2020, 18:17 WIB

Kota Sukabumi Diterjang Badai, Pepohonan Bertumbangan


Benny Bastiandy | Nusantara

KOTA Sukabumi, Jawa Barat, diterjang badai, Rabu (23/9) sekitar pukul 16.00 WIB. Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang hingga menimpa kendaraan. Beberapa di antara lokasi pohon tumbang berada di Jalan Kenari Kecamatan Cikole. Di lokasi ini sebuah pohon tumbang hingga melintang ke badan jalan.
Di ruas Jalan Selakaso, sebuah mobil minibus yang sedang melintas rusak setelah tertimpa pohon yang tumbang. Kabarnya juga di kawasan RSUD R Syamsudin SH, pohon tumbang menimpa kendaraan.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi meninjau langsung beberapa lokasi pohon tumbang. Fahmi mengatakan laporan sementara yang diterima, sedikitnya terdapat enam titik lokasi pohon tumbang.

"Dari laporan yang masuk, akibat hujan deras disertai angin kencang ini ada pohon tumbang yang menimpa tembok pagar, kemudian ada yang tumbang hingga melintang ke jalan," kata Fahmi kepada wartawan ditemui di lokasi pohon tumbang di Jalan Kenari, Rabu (23/9).

Fahmi mengaku saat terjadi hujan deras disertai angin kencang, langsung menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar bersiap siaga. Termasuk menghubungi semua camat dan lurah agar mewaspadai potensi bencana saat cuaca ekstrem.

"Langkah ini saya lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi," tegas Fahmi.

baca juga: Hujan Es Landa Kota Cimahi

Langkah koordinasi cepat yang dilakukan Fahmi berimbas cepatnya penanganan yang dilakukan perangkat pemerintahan. BPBD dibantu Dinas Lingkungan Hidup segera turun ke lapangan mengevakuasi bangkai pohon yang tumbang.

"Alhamdulillah semua bergerak cepat dan sigap sehingga semua bisa tertangani. Untuk korban jiwa atau luka, sementara ini alhamdulillah tidak ada," pungkasnya.

Belum ada data detail fasilitas apa saja yang rusak terdampak pohon tumbang ataupun dampak hujan deras disertai angin kencang. Sampai saat ini petugas
masih berjibaku di lapangan menangani pohon tumbang. (OL-3)

BERITA TERKAIT