23 September 2020, 17:53 WIB

Menhub : Belum Ada Kasus Penularan Covid-19 di Pesawat


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim, selama ini belum ada kasus penularan covid-19 terjadi di dalam pesawat. Ia mengatakan, protokol kesehatan yang ketat sudah diterapkan di bandara.

"Pengamanan protokol kesehatan sudah ketat. Mereka yang pergi terbang relatif tidak ada yang terpapar covid-19," ujar Budi dalam webinar 'Resiliensi Kinerja dan Strategi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi Udara', Jakarta, Rabu (23/9).

Ia meminta otoritas bandara untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Baik dari petugas bandara , operator dan penumpang untuk patuh akan protkol kesehatan agar tidak menjadi tempat penyebaran Covid-19.

“Semua jajaran di bandara harus terus menerapkan protokol kesehatan. Kita tidak tahu pasti bagaimana perkembangan Covid-19 ini ke depan,” kata Budi.

Baca juga : Ini Kata Menhub Terkait Pelecehan Dilakukan Petugas di Soeta

Menhub menyebut standar penerapan protokol juga harus di semua bandara, tidak hanya Bandara Soekarno Hatta.

"Ini harus balance dan konsisten mengawal protokol kesehatan. Mulai dari mereka datang, lakukan rapid test, ada pembersihan bandara, ini harus dilakukan denga baik. Tak terkecuali di Papua, Aceh, Kalimantan Utara harus punya standar yang tinggi juga," tutur Budi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan terkonfirmasi positif covid-19. Ia diduga terpapar dalam perjalanan Jakarta-Padang via pesawat udara.

Trinda menjelaskan, berdasarkan uji swab pada Senin (31/8) hasilnya negatif. Namun, Selasa hingga Kamis (1-3/9), dirinya melakukan perjalanan ke Jakarta, kemungkinan terpapar pada saat melakukan perjalanan tersebut.

"Hari Selasa sampai Kamis saya harus ke Jakarta, berkemungkinan terpapar di pesawat," katanya, Selasa (8/9). (OL-2)

 

BERITA TERKAIT