23 September 2020, 17:29 WIB

Gol Salto Widodo C Putro Terbaik di Piala Asia


Widhoroso | Sepak Bola

KEKUATAN warganet Indonesia sekali lagi mampu menaklukkan dunia. Kali ini, gol salto dari mantan striker timnas Indonesia, Widodo C Putro berhasil menjadi pilihan gol terbaik Piala Asia versi KOnfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Gol salto tersebut terjadi pada Piala Asia 1996 ketika Indonesia meladeni Kuwait. Proses gol tersebut diawali umpan Yeyen Tumena yang langsung disambar Widodo dengan tandangan salto.

Meski gol indah itu menjadi gol yang sangat dikenang, sayangnya pertandingan tersebut gagal dimenangkan Indonesia. Laga tersebut berakhir 2-2.

Kontes gol terbaik ini diadakan secara voting oleh AFC dengan nama AFC Bracket Challenge. Gol Widodo menjadi yang terbaik setelah mengalahkan gol pemai Lebanan Abbas Chahrour ke gawang Irak pada Piala Asia 2000. Perolehan voting yang membuat Widodo menang memang cukup telak. Gol tersebut unggul 72 persen berbanding 28 persen.

Sebelumnya, sempat terjadi pertempuran sengit antara gol Widodo dan gol milik striker Vietnam, Le Chong Vinh, pada Piala Asia 2007. Widodo sempat tertinggal namun akhirnya lolos dan melaku ke final, berkat voting yang melonjak di hari-hari akhir.

Mengenai kiprah Indonesia sendiri pada Piala Asia 1996, memang tak seindah gol Widodo. Indonesia hanya mampu finis terakhir di penyisihan Grup A alias tak lolos ke fase gugur.

Hanya sebiji poin yang didapatkan Indonesia pada ajang itu. Karena pada laga berikutnya skuad arahan pelatih Danurwindo dibekuk oleh raksasa Asia macam Arab Saudi dan Korea Selatan. (Goal/R-1)

 

BERITA TERKAIT