23 September 2020, 17:26 WIB

Lima Paslon Bersaing di Pilkada Ngada


Ignas Kunda | Nusantara

KOMISI Pemilihan Umum (KPK) Ngada akhirnya menetapkan 5 pasang calon yang siap bersaing dalam pemilihan bupati dan wakil Bupati Ngada 2020. Penetapan dilakukan setelah melalui tahapan pleno di aula KPU Ngada. Rabu, (23/9).

Kelima paslon itu ialah, pasangan Wilfridus Muga dan Herman Hey (paket FIRMAN), Paulus Soliwoa dan Gregorius Upi (paket PASGUD) yang diusung Partai Nasdem dan Partai Demokrat.

Kemudian ada pasangan Kristoforus Loko dan Emanuel Dopo (paket CREDO) yang diusung PAN dan Partai Hanura, pasangan Helmut Waso dan Yohanis Tay Ruba (paket HEBAT) diusung PDI Perjuangan dan Partai Perindo, serta pasangan Andreas Paru dan Raymunus Bena (paket APRB).

Ketua KPU Ngada Stanislaus Neke, dalam kesempatan itu mengharapkan semua pasangan calon bisa mempertahankan Ngada tetap menjadi daerah yang aman dan damai jauh dari konflik atau pertikaian.

Adapun mengenai tahapan kampanye dimulai pada 26 September-5 Desember 2020.

Ia juga meminta agar semua warga di kabupaten dipastikan mempunyai dan memiliki kesempatan menggunakan hak pilih dengan melaporkan setiap pemilih kepada petugas bila belum terdaftar.

Selain itu dalam penanganan covid-19, Stanislaus mengharapkan agar setiap calon memahami protokol kesehatan dalam sosialisasi atau kampanye agar Kabupaten Ngada tetap menjadi zona hijau.

"Mulai  26 September biarlah kita menjadi daerah yg aman damai, dan menjadi roll model dalam pemilihan bupati dan wakil bupati serta tetap aman menjadi zona hijau. Saya harap setiap pasangan calon tetap jaga protokol covid kalau kampanye terbuka hanya 100 orang. Surat izin ke gugus dan polres, rapat umum terbuka 100 orang," kata Stanislaus.

Pada penetapan pasangan calon tersebut semua pasangan calon terlihat hadir dengan mengikuti standar covid-19.

Aparat aparat dari Polres Ngada juga terlihat sigap dengan pengamanan penuh kegiatan penetapan pasangan calon.

KPU akan melanjutkan tahapan selanjutnya pengambilan nomor urut setiap pasangan calon pada Rabu (24/9). (OL-8)

BERITA TERKAIT