23 September 2020, 16:29 WIB

Paslon Pilkada Kebumen Dipastikan Lawan Kotak Kosong


Lilik Darmawan | Nusantara

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) memastikan hanya ada satu pasang calon (paslon) dalam Pilkada 2020. Sehingga paslon bupati dan wakil bupati Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih (Arif-Rista) akan melawan kotak kosong.

Ketua KPU Kebumen Yulianto mengatakan bahwa pihaknya telah menggelar rapat pleno penetapan paslon. Ia mengatakan pilkada Kebumen hanya akan diikuti satu pasangan calon.

"Hari ini telah digelar rapat pleno  penetapan calon bupati dan wakil bupati Kebumen. Rapat pleno dilaksanakan tertutup. Secara resmi, KPU Kebumen menetapkan pasangan  calon Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih," jelas Yulianto, Rabu (23/9).

Pasangan Arif-Rista diusung seluruh partai politik yang ada di Kebumen. Rinciannya, PDIP yang memiliki 12 kursi, PKB sebanyak 9 kursi, Gerindra sebanyak 7 kursi, Golkar 6 kursi, Nasdem dan PAN sebanyak 4 kursi serta Demokrat dan PAN sebanyak 3 kursi dan PKS sebanyak 2 kursi.

Ia menjelaskan bahwa sampai akhir pendaftaran memang hanya ada satu calon. Bahkan sampai KPU memperpanjang pendaftaran calon, ternyata tetap tidak ada yang mendaftar. Pasangan yang ditetapkan tersebut juga telah diperiksa kesehatannya di RSUP Soeradji Tirtonegoro, Klaten. (R-1)

BERITA TERKAIT