23 September 2020, 16:22 WIB

KBM Tatap Muka di Kupang Kembali Dihentikan


Palce Amalo | Nusantara

KEGIATAN belajar mengajar (KBM) tatap muka di lebih dari 500 sekolah di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur yang baru berjalan satu minggu, dihentikan. Hal itu dilakukan setelah Kabupaten Kupang kembali menjadi zona merah Covid-19.  

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang, Imanuel Baun, Rabu (23/9). Menurutnya KBM tatap muka dibuka sejak Senin pekan lalu karena daerah itu tercatat sebagai zona hijau. Namun saat ini positif korona di wilayah yang berbatasan dengan Kota Kupang itu sebanyak 10 orang.

Namun, penutupan KBM tidak dilakukan serentak. Untuk sekolah di  Kecamatan Kupang Tengah dan Kupang Timur sudah ditutup sejak Jumat pekan lalu, sedangkan sekolah di kecamatan lainnya tutup sejak awal; pekan ini.

Pihak sekolah sudah meminta guru-guru untuk kembali membentuk kelompok belajar di rumah siswa dengan jumlah terbatas, namun tetap menjalankan protokol kesehatan.

Kepala SD Negeri Sonraen, Amarasi Timur, Joseba Thao mengatakan sebelum KBM tatap muka, sekolah membentuk kelompok maksimal 10 orang mengikuti pelajaran di salah satu rumah siswa. "Di sini banyak siswa tidak punya handphone android sehingga tidak diberlakukan belajar online," ujarnya

Saat KBM tatap muka, pihak sekolah juga menjalankan protokol kesehatan serta memberlakukan sistem shift. Untuk siswa kelas 1 dan 2  masuk sekolah mulai pukul 07.00 dan pulang jam 09.00. Sedangkan siswa di kelas lainnya masuk sekolah mulai pukul 08.00 dan pulang pukul 10.30. (R-1)

BERITA TERKAIT