23 September 2020, 14:21 WIB

Trump Desak PBB Minta Pertanggungjawaban Tiongkok Soal Covid-19


Faustinus Nua | Internasional

PRESIDEN AS Donald Trump mengatakan kepada Sidang Umum PBB bahwa Tiongkok harus dimintai pertanggungjawabannya oleh dunia atas tindakan penanganan pandemi covid-19. Dalam rekaman pesan yang diputar pada pertemuan tahunan PBB sekaligus memperingati hari jadi PBB ke-75, Trump menuduh Beijing membiarkan virus korona meninggalkan Tiongkok dan menginfeksi dunia.

"PBB harus meminta pertanggungjawaban Tiongkok atas tindakan mereka," katanya.

Trump, yang menghadapi pemilihan kembali pada 3 November, berusaha menangkis kritik pemilih tentang penanganannya terhadap pandemi dengan menyalahkan Tiongkok. Disiarkan melalui layar lebar di aula Sidang Umum PBB, Presiden AS secara efektif memindahkan pidato tunggal kampanyenya yang hawkish ke panggung global.

"Kita harus meminta pertanggungjawaban bangsa yang melepaskan wabah ini ke dunia," imbuhnya.

Baca juga: Kematian Covid-19 di AS Tembus 200 Ribu, Wisconsin Bunyikan Alarm

Trump juga menuduh Tiongkok hanya menjaga kepentingannya sendiri ketika virus yang berpotensi mematikan itu pertama kali muncul di kota Wuhan akhir tahun lalu. Pun mengatakan Beijing telah mempengaruhi WHO, sehingga AS harus tegas dengan menyatakan keluar dari organisasi itu.

"Pemerintah Tiongkok dan Organisasi Kesehatan Dunia yang secara virtual dikendalikan oleh Tiongkok - secara keliru menyatakan tidak ada bukti penularan dari manusia ke manusia. Nanti, mereka secara keliru mengatakan orang tanpa gejala tidak akan menyebarkan penyakit," ungkapnya.

Para pemimpin dunia berbicara secara virtual dalam rapat umum PBB di New York, lantaran pandemi covid-19. Trump, yang sering meremehkan risiko virus itu, sebelumnya mengatakan akan tetap berkunjung dan akhirnya berubah pikiran untuk menyampaikan pidato secara virtual.(CNA/OL-5)

BERITA TERKAIT