23 September 2020, 13:48 WIB

Wali Kota Bengkulu Ajukan Cuti Persiapan Kampanye


Marliansyah | Nusantara

BAKAL calon Gubernur Bengkulu, Helmi Hasan yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Bengkulu telah mengajukan surat cuti sebagai Wali Kota Bengkulu, selama masa kampanye Pilkada 2020. Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan ia resmi cuti pada 26 September sebagai wali kota dan akan meninggalkan semua fasilitas pemerintah.

"Jika surat cuti telah diterbitkan maka tidak ada aset pemerintah daerah yang digunakan sebagai calon gubernur ke depan," kata Helmi Hasan, Rabu (23/9).

Saat ini seluruh tugas sebagai wali kota Bengkulu belum sepenuhnya selesai dan akan dikejar dalam minggu ini. Termasuk pelantikan eselon II dari hasil lelang beberapa waktu lalu. Untuk itu, secara prosedur sudah berjalan untuk pelantikan eselon II tetapi secara etika harus ada izin dari menteri dalam negeri. 

baca juga: KPU Tetapkan Empat Paslon di Pilkada Cianjur

Sebelum surat cuti dikeluarkan, maka pejabat eselon II yang sudah dilakukan proses lelang dan sudah mendapatkan persetujuan untuk dilakukan pelantikan. Jika Wali Kota Bengkulu sudah keburu cuti maka akan dilakukan oleh wakil wali kota yang otomatis akan melakukan pelantikan sehingga tidak ada persoalan. Selain itu, Pemerintah Kota Bengkulu juga akan melakukan lelang Sekretaris Daerah agar pemerintahan di Kota Bengkulu berjalan cepat. Pada pemilihan Gubernur Bengkulu, Helmi Hasan berpasangan dengan Muslihan DS sebagai wakil gubernur 2020-2024. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT