23 September 2020, 12:33 WIB

Wagub DKI: Kami Kerja Setiap Hari Urusi Banjir


Hilda Julaika | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta selama ini sudah bekerja untuk mengendalikan banjir. Menurut Riza, petugas di lapangan telah bekerja bahkan saat musim kemarau.

“Anomali cuaca dan iklim membuat ada potensi lebih cepat banjir. Untuk itu, kami memang bekerja setiap hari mengurusi banjir ini,” kata Riza di Balai Kota, Rabu (23/9).

Baca juga: Polda Metro Jaya Ajukan Tambahan 60 Kamera untuk E-TLE Tahap Tiga

Menurutnya, sudah ada 54 alat berat yang dikerahkan untuk mengeruk sungai dan waduk di Jakarta. Hal ini terus dilakukan bertujuan untuk meningkatkan volume penampungan air. Pemprov DKI juga melakukan terobosan berupa codetan-codetan untuk melakukan pengaturan alira air. Kemudian mengatur pintu air, hingga memperbaiki pompa.

“Jangan dikira petugas pompa kami cuma kerja saat banjir. Namun, saat kemarau mereka juga mengatur pompa. Kemudian juga mengatur air ke laut,” jelasnya.

Saat ini yang dibutuhkan adalah partisipasi masyarakat untuk hidup sehat dan bersih. Misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan lingkungan dan selokan. Kemudian, terkait dengan pembuatan biopori untuk pengusaha dan kantor swasta juga telah diinstruksikan oleh Gubernur Anies Baswedan. Sementara jika tak membuat biopori akan diberikan sanksi.

“Namun, sama seperti covid-19 butuh dukungan dari masyarakat karena aparat kami terbatas. Bantu disiplin jaga kebersihan dan lain-lain,” katanya. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT