23 September 2020, 11:59 WIB

Tenaga Medis di RSMH Palembang Meninggal karena Covid-19


Dwi Apriani | Nusantara

SEORANG tenaga medis di Rumah Sakit Umum Mohammad Hoesin Palembang, Sumatra Selatan, meninggal dunia karena Covid-19. I Wayan Sukanata adalah tenaga medis yang bertugas di bagian Radiologi atau perekaman (rontgen).

I Wayan Sukanata meninggal dunia pada Rabu (23/9), pukul 03.00 WIB.

Humas RSMH Palembang Ahmad Suhaimi mengatakan tenaga medis tersebut sudah menjalani perawatan di RSMH Palembang selama 8 hari sejak dinyatakan positif covid-19.

Baca juga: Peserta Seleksi CPNS yang Reaktif Covid Ikuti Tes Terpisah

"Hari ini, ada satu lagi tenaga medis kami yang meninggal dunia setelah berjuang melawan covid-19 yang sudah terpapar dalam tubuhnya. Tenaga medis ini dirawat dan diisolasi secara ketat. Namun, Tuhan berkata lain dan I Wayan Sukanata meninggal dunia. Ini menjadi duka mendalam untuk kami semua," ungkap Suhaimi.

Ia mengatakan, selain I Wayan Sukanata, di RSMH Palembang juga sebelumnya ada salah satu perawat yang meninggal dunia karena covid-19.

"I Wayan Sukanata adalah tenaga medis kedua kami yang sudah gugur. Karena itu, kami memberikan penghormatan saat melepas jenazah dari RSMH Palembang," kata dia.

Suhaimi menerangkan, pihaknya sudah melakukan tracking dan tracing kepada rekan kerja di RSMH, juga kepada keluarga.

"Alhamdulillah keluarga I Wayan Sukanata dalam kondisi sehat dan tadi ikut melepas jenazah ke pemakaman," ungkapnya.

I Wayan Sukanata akan dikebumikan di TPU Nagaswidak, Plaju. Namun, karena pasien covid-19, kata dia, maka standar prosedur pemakaman tetap
dilaksanakan dengan protokol covid-19.

"Tetap dari tenaga medis yang memakamkannya di pemakaman umum itu dan standar covid-19 tetap diberlakukan. Jadi dari RSMH Palembang, jenazah langsung dibawa ke pemakaman," ujarnya.

Suhaimi menerangkan, RSMH Palembang, saat ini, tetap melayani pasien covid-19 dengan kategori sedang dan berat.

Untuk itu, semua tenaga medis yang bertugas di RSMH selalu dibekali APD. Bahkan tenaga medis juga wajib menerapkan standar protokol kesehatan selama bertugas.

"Covid-19 bisa datang dari mana saja. Bukan hanya di lingkungan rumah sakit, namun di luar juga. Termasuk I Wayan Sukanata ini, kami belum mendapat informasi dari mana I Wayan terpapar covid-19. Tapi memang sangat penting kita semua mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT