23 September 2020, 11:19 WIB

Kementan Serahkan Bantuan 131 Alsintan untuk Petani Klaten


Djoko Sardjono | Nusantara

KEMENTERIAN Pertanian memberikan bantuan alat mesin pertanian  (alsintan) sebanyak 131 unit kepada petani Kabupaten Klaten.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sri Mulyani di Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten, Selasa (22/9).

Penyerahan bantuan alsintan disaksikan anggota Komisi IV DPR RI Sunarna, Kepala DPKPP Widiyanti, dan pejabat teras Pemkab Klaten.

Baca juga: Kementan Fokus Antisipasi Kekurangan Air dengan Bangun Irigasi

Bupati Sri Mulyani mengatakan petani selain mendapat bantuan alsintan, juga pupuk hayati untuk meningkatkan hasil petani di Klaten.

"Untuk itu, manfaatkan alsintan bantuan dari pemerintah pusat ini secara optimal, agar hasil petani dan kelompok tani meningkat," ujar Sri Mulyani.

Bantuan alsintan sebanyak 131 unit yang meliputi alsintan pra dan pascapanen itu senilai Rp8,4 miliar. Dan, nilai bantuan pupuk hayati cair sekitar Rp1,9 miliar.

Alsintan bantuan petani itu meliputi traktor roda empat, hand sprayer elektrik, hand traktor roda dua, pompa air, cultivator, dan rice transplanter.

Sedangkan alsintan pascapanen, seperti power threser dorong, combine harvester besar dan kecil, corn seller, dan unit pengolah pupuk organik.

Sementara, Kepala DPKPP Klaten Widiyanti menyatakan ketersediaan alsintan sangat menunjang petani dalam meningkatkan produksi pertanian.

"Terlebih, umur petani rata-rata di atas usia produktif. Sehingga, ketersediaan sarana dan prasarana penunjang sangat dibutuhkan," ujarnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT