23 September 2020, 10:14 WIB

Morata Kembali ke Juventus dengan Status Pinjam


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PENYERANG Spanyol Alvaro Morata, Selasa (22/9), kembali ke Juventus dengan status pinjam dari Atletico Madrid. Hal itu diumumkan klub Serie A itu, Selasa (22/9).

Penyerang berusia 27 tahun itu pernah memperkuat Juventus antara 2014 dan 2016 dengan mencetak 27 gol dari 93 penampilan.

Morata adalah lulusan akademi sepak bola Real Madrid. Setelah dari Juventus, Morata sempat bermain di Chelsea sebelum bergabung dengan Atletico Madrid, awalnya dengan status pinjam.

Morata kini bergabung dengan Juventus dengan status pinjam selama satu musim dengan biaya 10 juta euro.

Baca juga: Gara-Gara Masalah Administrasi, Roma Dinyatakan Kalah 3-0

"Dia akan menjadi bagian tim pada tahun ini dengan opsi perpanjangan pinjaman satu tahun plus opsi beli," ungkap Juventus di laman daring resmi mereka.

Jika memutuskan membeli Morata, Juventus harus menggelontorkan dana sebesar 45 juta euro dan akan dicicil per tahun sebesar 15 juta euro.

Adapun perpanjangan masa pinjaman akan memakan biaya 10 juta euro dengan opsi beli seharga 35 juta euro.

"Tidak ada yang lebih menyenangkan dari mudik dan kembalinya Morata ke Juventus adalah peristiwa yang indah," kata Juventus.

Pascakepergian Gonzalo Higuain ke Inter Miami, pekan lalu, Juventus membutuhkan tambahan penyerang. Klub asal Turin itu sempat disebut akan mendatangkan Luis Suarez dari Barcelona dan Edin Dzeko dari AS Roma. Namun, Morata yang membela Juventus saat Andrea Pirlo, pelatih Juventus, masih berstatus pemain, yang akhirnya bergabung.

Morata mencetak gol di masing-masing leg semifinal Liga Champions 2015 saat Juventus mengalahkan Real Madrid dengan skor agregat 3-2.

Dia kemudian mencetak gol di laga final saat Juventus menyerah 3-1 dari Barcelona.

Gol terakhir Morata untuk Juventus adalah gol penentu kemenangan di laga final Copa Italia 2016 melawan AC Milan. Kala itu, Morata masuk ke lapangan di menit 18 babak perpanjangan waktu dan mencetak gol dua menit kemudian.

"Meski Alvaro meninggalkan Juventus, empat tahun lalu, setelah memenangkan lima trofi dalam dua tahun: dua scudetto, dua Coppa Italia, dan satu Super Coppa Italia, dia tetap Bianconero dalam hati. Alvaro adalah bagian dari kami," pungkas Juventus. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT