23 September 2020, 08:59 WIB

Polres Klaten Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada


Djoko Sardjono | Nusantara

KEPOLISIAN Resor Klaten, Jawa Tengah, menggelar apel dan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, Selasa (22/9).

Kegiatan apel dan simulasi Sispamkota digelar di halaman parkir Mapolres dan dihadiri Bupati Sri Mulyani, Forkopimda, Ketua KPU, Bawaslu, dan tim sukses paslon bupati-wakil bupati Klaten.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, pengambil apel dilakukan bersama Bupati Sri Mulyani, Kapolres AKB Edy Suranta Sitepu, dan Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo.

Baca juga: Bupati Klaten Buka Kegiatan TMMD Sengkuyung III

Kapolres AKB Edy Sitepu mengatakan gelar simulasi Sispamkota dilakukan untuk kesiapsiagaan mengantisipasi segala bentuk ancaman dan gangguan dalam setiap tahapan pilkada, termasuk covid-19.

Untuk itu, lanjut Kapolres, setiap tindakan pengamanan yang dilakukan personel TNI, Polri, dan unsur pendukung lainnya akan selalu berpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku.

"Agar sesuai standar operasional prosedur, peraturan perundangan harus dipedomani. Protokol kesehatan pun wajib dipatuhi untuk mencegah terjadinya klaster baru covid-19," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Klaten juga mengingatkan seluruh personel TNI, Polri, dan ASN (aparatur sipil negara) agar bersikap profesional dan netral dalam Pilkada.

Sementara itu, Bupati Sri Mulyani meminta seluruh personel pengamanan tahapan Pilkada melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab agar tercipta situasi kondusif.

Selain itu, kepada para pemilih, simpatisan, dan tim sukses paslon bupati dan wakil bupati juga diingatkan untuk senantiasa menjaga dan memelihara suasana sejuk damai di Kabupaten Klaten.

"Dalam Pilkada, pendapat boleh beda dan pilihan juga boleh tidak sama. Namun, perbedaan pendapat dan pilihan itu jangan sampai menimbulkan perselisihan dan perpecahan," ujarnya.

Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo meminta para personel melaksanakan tugas pengamanan setiap tahapan Pilkada dengan penuh tanggung jawab, tulus, dan ikhlas.

Selain itu, Dandim Klaten mengingatkan para personel TNI, Polri, dan unsur pendukung lainnya dalam melaksanakan tugas pengamanan untuk tetap menjaga protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam gelar apel dan simulasi Sispamkota, TNI, Polri, dan ASN mendeklarasikan komitmen netral dalam pilkada, yang dilanjutkan deklarasi damai  tim sukses paslon bupati dan wakil bupati Klaten.

Apel Sispamkota dilanjutkan simulasi pengamanan Pilkada yang  dilakukan personel gabungan TNI dan Polri. Dalam simulasi ditampilkan beberapa skenario tindakan pengamanan pilkada. (OL-1)

BERITA TERKAIT