23 September 2020, 06:55 WIB

Penonton Dilarang Masuk Stadion 6 Bulan, Klub Inggris Menjerit


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

KLUB sepak bola di Inggris harus bersiap menggelar laga tanpa penonton selama 6 bulan setelah rencana mengizinkan penonton kembali masuk stadion pada Oktober dibatalkan.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Selasa (22/9), mengatakan kepada DPR bahwa rencana untuk mengizinkan penonton kembali masuk ke stadion mulai 1 Oktober tidak bisa dilakukan karena meningkatnya kasus covid-19.

Dia mengusulkan penonton tetap dilarang masuk ke stadion selama 6 bulan.

Baca juga: MU Bekap Luton di Laga Piala Liga

Hal itu, ujarnya, membuat sejumlah klub harus mendapatkan bantuan dana dari pemerintah untuk mencegah klub mengalami kebangkrutan.

Keputusan itu memukul klub olahraga di Inggris yang mayoritas menggantungkan diri dari penjualan tiket untuk bertahan.

Olahraga porfesional, termasuk Liga Primer Inggris, telah menggelar laga tanpa penonton sejak kembali menggelar kompetisi setelah sempat berhenti karena pandemi covid-19.

Otoritas Liga Sepak Bola Inggris memperkirakan klub akan mengalami kerugian kolektif sebesar 200 juta pound sterling jika menggelar laga tanpa penonton sepanjang musim 2020/21.

Liga Primer Inggris memperingatkan bahwa menggelar laga penonton akan memiliki dampak yang sangat merusak.

"Musim lalu, klub Liga Primer Inggris mengalami kerugian sebesar 700 juta pound sterling dan saat ini, kerugiannya adalah sebesar lebih dari 100 juta pound sterling per bulan," ungkap Liga Primer Inggris dalam sebuah pernyataan resmi. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT