23 September 2020, 07:00 WIB

JEC Hospital and Clinics Kembali Raih Akreditasi JCI


Ihfa Firdausya | Humaniora

JEC Eye Hospitals and Clinics kembali mempertahankan akreditasi dari Joint Commission International (JCI).

Baru-baru ini melalui salah satu cabangnya, JEC @ Kedoya, eye care leader di Indonesia ini jadi rumah sakit mata pertama dan satu-satunya di Indonesia yang meraih pengakuan internasional itu. JEC menyandang akreditasi ini tiga kali berturut-turut yakni pada 2014, 2017, dan 2020.

Direktur Utama RS Mata JEC @ Kedoya Dr. Referano Agustiawan, SpM(K) menyatakan pencapaian ini kian mempertegas konsistensi JEC dalam menjaga mutu layanan berstandar global. “Sejak berdiri pada 1984, JEC Eye Hospitals and Clinics terus mendukung optimalisasi penglihatan dan mutu hidup masyarakat. Kami percaya visi itu dapat terealisasi melalui pelayanan klinis bertaraf internasional yang mengedepankan keselamatan pasien,” terang Referano dalam siaran resminya, Jumat (18/9).

Akreditasi Gold Seal dari JCI didasarkan pada penilaian peningkatan mutu layanan dan keselamatan pasien JEC. Tim penilai mengapresiasi kesigapan JEC dalam mengantisipasi wabah dan implementasi protokol kesehatan guna menekan penyebaran covid-19. “Raihan ini menguatkan komitmen JEC mengedepankan keselamatan pasien, termasuk mendukung pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali di Jakarta,” katanya.

Berbasis di Amerika Serikat, JCI ialah lembaga independen yang memberi akreditasi dan sertifikasi kepada institusi kesehatan di dunia. Di Indonesia, hanya 30 rumah sakit yang menerima akreditasi JCI.

Tim JCI menyurvei 14 aspek secara mendetail. Salah satunya ialah facility management and safety (FMS). Poin krusial yang dinilai ialah international patients safety soals (IPSG). Dalam hal ini, JEC @ Kedoya meraih penilaian sempurna. Menurut Presiden Direktur JEC Korporat Dr Johan A Hutauruk, SpM (K), akreditasi JCI bukanlah tujuan akhir. Hal ini justru menjadi pemacu JEC untuk semakin berbenah diri guna meningkatkan kualitas layanan yang berorientasi pada keselamatan pasien. “Standardisasi mutu yang telah teruji ini juga kami wujudkan secara menyeluruh ke 11 cabang JEC Eye Hospitals and Clinics,” tutup dia. (Ifa/S3-25)

BERITA TERKAIT