23 September 2020, 03:16 WIB

Audiensi BEM SI, Kemendikbud Dorong Tumbuhnya Demokrasi di Kampus


Syarief Oebaidillah | Humaniora

DIREKTORAT Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung tumbuhnya iklim demokrasi di kalangan kampus dan perguruan tinggi.

"Saya selalu mendorong lahirnya lingkungan kampus yg sehat, aman, dan nyaman bagi tumbuh kembangnya potensi mahasiswa dan suburnya demokrasi yg sehat dan dewasa di lingkungan perguruan tinggi," kata Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam menjawab Media Indonesia, Selasa (22/9).

Nizam menyatakan hal itu terkait pertemuannya dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia ( BEM-SI) di Kemendikbud Jakarta, Senin (21/9).

Pada pertemuan tersebut Nizam menandatangani Pakta Integritas bersama Koordinator Pusat BEM SI Remy Hastian

Nizam menegaskan tidak boleh ada pemaksaan kehendak baik oleh perguruan tinggi maupun oleh mahasiswa.

Pendekatan dialogis dan mendidik, lanjut Nizam, harus selalu dilakukan. Komunikasi yang santun dan solutif harus terus dibangun.

Baca juga : Kemenristek/BRIN Sediakan Katalog Elektronik Produk Inovasi

"Insha allah selama saya menjadi Dirjen Dikti akan selalu berkomitmen untuk memastikan iuran pengembangan institusi PTN yang berkeadilan, memastikan tidak boleh ada mahasiswa yang tidak dapat kuliah di PTN karena alasan ekonomi, " tegas Guru Besar UGM ini.

Dalam Pakta Integritas bersama BEM SI itu, Nizam juga menyatakan menghindarkan kampus dari liberalisasi dan komersialisasi pendidikan. Memastikan prinsip nirlaba dan pendidikan berdasar budaya bangsa Indonesia sesuai termaktub dalam Undang Undang Pendidikan Tinggi.

Selain itu, lanjut Nizam, pihaknya juga mengusulkan revisi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional ( UU Sisdiknas) secara lebih komprehensif untuk perbaikan sistem pendidikan di Indonesia sesuai dengan kemajuan dan kebutuhan bangsa dan negara.

Sementara itu, Kordinator Pusat BEM SI Remy Hastian mengatakan pihaknya sebenarnya berharap Mendikbud Nadiem yang menerima delegasi BEM SI yang diwakili Dirjen Dikti Kemendikbud.

Ia menyatakan BEM Si akan terus mengawal pakta integritas tersebut guna perbaikan penyelenggaraan pendidikan jenjang dikti dan dikdasmen.juga guru honorer serta distribusi kuota internet yang berjalan baik dan transparan.

" Pada hari ini menjadi saksi perjuangan gerakan mahasiswa dalam mengawal permasalahan pendidikan akan terus dilanjutkan," tandas Remy.(OL-7)

BERITA TERKAIT