23 September 2020, 03:45 WIB

Djokovic Anggap Nadal Terfavorit di Roland Garros


MI | Olahraga

MEMENANGI turnamen tanah liat Italia Terbuka dan melampaui catatan gelar Rafael Nadal tidak membuat Novak Djokovic merasa superior jelang grand slam Prancis Terbuka, pekan ini.

Djokovic tetap mendudukkan Nadal sebagai yang terfavorit merajai Ronald Garro kompleks tempat dilangsungkannya Prancis Terbuka kendati bukan berarti petenis kidal Spanyol itu tidak bisa kalah.

Seperti diketahui, Nadal, kampiun 12 kali grand slam Prancis Terbuka, tersisih di perempat fi nal Italia Terbuka. Nadal takluk dari petenis peringkat ke-15 dunia asal Argentina Diego Schwartzman.

“Meskipun dia (Nadal) kalah pekan ini, saya masih berpikir banyak orang akan setuju dialah favorit nomor satu dan catatan yang dia punya di sana (Roland Garros), sejarah yang ia cetak, Anda tidak bisa menemukan orang yang bisa melebihi dia,” kata Djokovic, petenis nomor satu dunia asal Serbia itu.

Djokovic berjaya memenangi Italia Terbuka untuk kelima kali dengan mengalahkan Schwartzman 7-5, 6-3, kemarin. Djokovic menjadi petenis terbanyak mengoleksi 36 gelar turnamen seri masters, unggul satu gelar ketimbang Nadal.

Namun, di tanah liat, khususnya Roland Garros, Nadal tetap rajanya. Nadal juga memiliki rekor menang 93-2. “Jelas Diego menunjukkan Nadal bisa dikalahkan di lapangan tanah liat. Meski (Nadal) difavoritkan, saya pikir akan ada pemain yang mengalahkan dia di sana,” ucap Djokovic.

“Saya bukan berharap Rafa tidak ke final,” sebutnya.

“Saya berharap bisa berada di final dan berjuang untuk trofi ,” imbuhnya.

Di bagian lain, peraih tiga trofi grand slam Andy Murray kembali ke Roland Garros untuk pertama kali sejak 2017. Saat itu, petenis asal Skotlandia tersebut kalah dalam duel ketat lima set dari petenis Swiss Stanislas Wawrinka di semifinal. Kekalahan itu mencuatkan cedera pinggul kanan yang membuat Murray lama absen mengayun raket. Musim ini Murray tampil dengan memanfaatkan wildcard. (AFP/ATPTour/Rif/R-2)
 

BERITA TERKAIT