22 September 2020, 19:56 WIB

RUU Cipta Kerja Diharapkan Dapat Membangkitkan Daya Saing Daerah


Despian Nurhidayat | Ekonomi

BUPATI Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Muhammad Al Khadziq mengatakan, daya saing otonomi daerah menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki. Pasalnya menurut dia, setiap daerah akan berlomba lomba dengan daerah lain untuk tingkatkan kehidupannya.

"Khususnya untuk menyejahterakan masyarakatnya. Antar-satu kabupaten dengan kabupaten lain saling mengunggulkan potensi masing-masing, saling mengunggulkan sumber daya masing-masing. Sudah barang tentu keunggulan daerah ini harus berdasarkan pada potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut," ungkapnya dalam webinar RUU Cipta Kerja Momentum Daya Saing Agregasi Daerah, Selasa (22/9).

Menurutnya, sebuah daerah tidak mungkin menonjolkan potensi baru yang tidak berdasarkan konteks pada keunggulan daerah masing-masing. Dia mencontohkan Kabupaten Temanggung yang merupakan daerah agraris dan terletak pusat Pulau Jawa daerah pegunungan, potensi seni dan budaya yang luar biasa besar.

"Tentu kita akan mengembangkan keunggulan daerah berbasis pada bidang pertanian, kesenian dan kebudayaan, meating industri dan lainnya. Kita juga tidak menutup kemungkinan membangun kawasan industri, mengingat ke depan daerah Temanggung dan sekitarnya akan menjadi seperti poros utama jalan tol lintas Pulau Jawa," kata Al Khadziq.

Baca juga : Pemerintah Pastkan Tidak Ada Sentralisasi Perizinan di RUU Ciptake

Dia berharap, dengan RUU Cipta Kerja ini Pemda dapat meningkatakan kesadaran untuk mendorong dan membangun daya saing. Tidak hanya bidang industri tapi juga bidang lainnya seperti pariwisata, pertanian, perkebunan dan lainnya.

Al Khadziq juga berharap, RUU Cipta Kerja juga mampu menyerap seluruh kepentingan daerah dan juga menyerap semua kepentingan masyarakat.

"Prinsip keadilan dan keberlanjutan harus jadi prioritas utama dalam RUU ini karena ketika nanti RUU Cipta Kerja sudah resmi, kita harap implikasinya pada daerah menjadi maju. Karena kalau daerah maju, Indonesia pasti maju, kalau daerah kuat Indonesia kuat, kalau daerah sustainable, Indonesia juga," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT