22 September 2020, 19:30 WIB

Rusun Tegalrejo Mulai Dioperasikan untuk Rawat OTG di Yogyakarta


Ardi Teristi | Nusantara

RUMAH Susun (Rusun) Tegalrejo, Selasa (22/9)  mulai dioperasikan untuk merawat orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 di Kota Yogyakarta. Tempat ini memiliki daya tampung 84 orang.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyampaikan keberadaan Rusun Tegalrejo sebagai shelter untuk OTG dapat membantu penanganan OTG Covid-19 semakin baik. "Harapan kita sama, yakni kita bisa tetap sehat," jelas Sultan saat meninjau Rusun Tegalrejo.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menambahkan, pihaknya terus menjajaki adanya beberapa shelter lagi yang akan dibuat di lokasi lain, misalnya di Kecamatan Umbulharjo khusus untuk tenaga medis.

Total OTG di Kota Yogyakarta saat ini 19 orang. Mereka mulai Selasa (22/9) akan menempati Rusun Tegalrejo. "Mekanismenya sudah kami siapkan. Jadi, mereka nanti kami jemput tidak datang sendiri atau diantar keluarga," jelas dia.

Perawatan OTG di Rusun Tegalrejo akan dilakukan secara maksimal, termasuk dengan menempatkan tim dokter dan tim psikolog untuk mendampingi mereka. Supaya suasananya juga menyenangkan, para OTG akan difasilitasi untuk membuat wadah saling bersosialisasi lewat grup Whatsapp agar mereka tidak bosan. Perawatan akan menggunakan pendekatan kemanusiaan supaya para OTG tidak merasa diisolasi.

"Mereka dikumpulkan di shelter ini supaya proses penyembuhan semakin baik dan tidak menambah penularan," papar Haryadi. (R-1)

 

BERITA TERKAIT