22 September 2020, 19:19 WIB

PPATK Raih WTP 14 Kali Berturut-turut


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PUSAT Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun 2019.

Kepala PPATK Dian Ediana Rae menuturkan, pencapaian itu diraih sebanyak empat belas kali berturut-turut sejak tahun 2006.

Baca juga: Kadin : 80% Perusahaan Alami Penurunan Pendapatan Akibat Pandemi

"PPATK berkomitmen untuk mengelola keuangan Lembaga dengan baik, menerapkan prinsip keterbukaan dalam pengelolaan Laporan Keuangan sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada negara dan masyarakat," kata Dian dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (22/9).

Penyampaian penghargaan ini disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani kepada dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2020 secara daring.

“Percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi Indonesia menjadi prioritas pemerintah saat ini agar dampak akibat pandemi yang dirasakan masyarakat dapat segera diatasi,” tutur Sri Mulyani.

Predikat WTP merupakan pernyataan profesional dari pemeriksa mengenai kewajaran informasi dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria.

Kriteria tersebut yaitu kesesuaian standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT