22 September 2020, 19:02 WIB

Pemprov DKI Diminta Siapkan Pengungsian dengan Protokol Covid-19


Hilda Julaika | Megapolitan

KETUA Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mendorong Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menyiapkan tempat pengungsian. Termasuk dengan penerapan protokol kesehatan dari covid-19. Pasalnya sejumlah titik di DKI Jakarta mulai tergenang oleh banjir akibar curah hujan yang tinggi kemarin malam (22/9).

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan wilayah Indonesia, khususnya Jabodetabek, akan mulai memasuki musim hujan di awal Oktober.

Baca juga: Komunitas Bike To Work Perlu Hak Rasa Aman Bersepeda

“Pak Gubernur mesti pikirkan bagaimana caranya warga DKI yang kena banjir dan mengungsi di tempat pengungsian malah terkena covid-19,” ujarnya saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (22/9).

Sehingga, Anies harus mencari solusi yang tepat dan cepat karena DKI sudah agak terlambat mengantisipasi banjir. Kalau intensitas hujan lebih deras lagi sambung dia, maka akan lebih membahayakan warga. Ia berharap Anies membuat daftar dan menyiapkan tempat pengungsian bagi warga. Berikut dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya menyiapkan ruangan khusus untuk satu keluarga.

“Karena gak mungkin dalam satu ruangan ada beberapa keluarga. Itu harus disekat. Saya berharap Pak Anies melalui dinas-dinasnya untuk menyiapkan tempat pengungsian yang memang sesuai dengan protokol Covid-19. Satu ruangan untuk satu keluarga. Tidak satu ruangan untuk lebih dari satu keluarga karena risk-an oleh Covid-19,” tandasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT