22 September 2020, 12:55 WIB

Kemenko Marves Siap Kawal Pembangunan Kawasan Ekonomi Jateng


Insi Nantika Jelita | Nusantara

KEMENTERIAN Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) bakal mengawal implementasi Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Pembangunan Kawasan Ekonomi di Jawa Tengah.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Ayodhia GL Kalake menuturkan, salah satu pembahasan dalam perpres tersebut ialah mengenai proyek prioritas strategis pengamanan pesisir lima perkotaan Pantura Jawa.

Baca juga: Batam Bakal Ketambahan Dua Kawasan Ekonomi Khusus

“Manfaat yang diharapkan adalah teratasinya bencana banjir rob di DKI Jakarta, Semarang, Pekalongan, Demak, dan Cirebon, serta berkurangnya waktu tempuh Semarang – Demak (satu jam menjadi 25 menit)," kata Ayodhia dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (22/9).

Menurutnya, penanganan banjir rob juga difokuskan pada Pantura Jawa Tengah yaitu Kota Semarang, Pekalongan, dan Demak. Adapun, Rakor PerPres 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Ekonomi di Jawa Tengah meliputi kawasan Kendal – Semarang – Salatiga – Demak – Grobogan, Kawasan Purworejo – Wonosobo – Magelang – Temanggung, dan Kawasan Brebes – Tegal – Pemalang.

“Kemenko Marves saat ini dalam kapasitas melaksanakan fungsi koordinasi sehingga permasalahan yang sulit dipecahkan tingkat provinsi diharapkan dapat difasilitasi untuk level yang lebih tinggi,” terang Ayodhia.

Ia menerangkan, dengan adanya pembangunan tanggul sungai Loji di Pekalongan  dan pembangunan harbour tol Semarang, selain berfungsi sebagai jalan tol juga dapat meminimalkan banjir rob.

Kemenko Marves juga menyebut, pembangunan Kawasan Industri Brebes akan tetap dilaksanakan. Di samping yang sudah dilaksanakan yaitu Kawasan Industri Batang, kedua kawasan itu masuk dalam quick wins bersama KSPN Borobudur.

Perkembangan proyek lainnya, yakni Anjungan Cerdas kabupaten Magelang yang masuk Perpres 79/ 2019, bakal dibangun untuk mendukung pengembangan kawasan wisata Borobudur. Pengembangan Anjungan Cerdas ini masuk dalam zona 4 kawasan wisata Borobudur, berjarak 7.8 Km dari taman wisata Borobudur. (Ins/A-1)

BERITA TERKAIT