22 September 2020, 18:24 WIB

Polantas Harus Lebih Promoter dalam Melayani Masyarakat


Heri Susetyo | Nusantara

KAPOLDA Jatim Irjen M Fadil Imran meminta polisi lalu lintas lebih profesional, modern dan terpercaya (promoter) dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Kapolda saat potong tumpeng puncak peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 65 tahun 2020 di Polda Jatim,  Selasa (22/9). Potong tumpeng secara sederhana bersama Wakapolda dan seluruh pejabat utama Polda Jatim ini sebagai wujud rasa syukur di Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 65.

Di usia ke 65 tahun, Kapolda berharap pada anggotanya terutama fungsi lalu lintas untuk lebih promoter. Maksudnya adalah promoter dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan ke masyarakat.

"Ini guna memberikan keamanan, keselamatan dan kelancaran masyarakat berlalu lintas serta peningkatan partisipasi kesadaran hukum berlalu lintas," kata Kapolda.

Di puncak Hari Lalu Lintas Bhayangkara ini Kapolda memberikan bantuan sosial (bansos) secara simbolis kepada keluarga almarhum korban covid-19. Yaitu kepada keluarga AK Ikhwani Kanit Patwal PJR
dan Aiptu Agus Susilo anggota Unit Patwal PJR.

Kapolda juga memberikan bansos kepada keluarga almarhum korban lumpur Lapindo. Masing-masing keluarga Bripka Slamet dan Bripda Fani Dwi Saputra, keduanya anggota Unit Jatim II Tol Satelit PJR.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan Dit Lantas Polda Jatim ini mengusung tema "Implementasi E-Policing pada Fungsi Lalu Lintas di Era Digital Menuju Indonesia Emas 2045". Sebanyak 287 kegiatan baksos sebelumnya sudah dilakukan seperti anjangsana personel Lantas ke purnawirawan Polri, petugas penjaga palang pintu kereta api dan panti asuhan. Selain itu 269 kegiatan baksos ke tempat ibadah Masjid, gereja, pura dan klenteng.

Tidak kalah penting guna meningkatkan kualitas dan menuju Promoter dilakukan kegiatan seminar (webinar) bertema Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas sistem ETLE. Selain itu juga ada 40 kegiatan kemanusiaan donor darah dan kegiatan sosial  lainnya.

Selama masa pandemi covid-19, fungsi Lalu Lintas Polda Jatim dan jajaran telah membagikan 2,2 juta lembar masker. (J-1)

BERITA TERKAIT