22 September 2020, 17:03 WIB

Pedagang Positif Covid-19 Meninggal, Pasar Sirampog Masih Ditutup


Supardji Rasban | Nusantara

AKIBAT seorang pedagang di Pasar Sirampog, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pasar tradisional tersebut ditutup. Penutupan pasar dilakukan selama empat hari.

Pasar itu ditutup oleh Pemerintah Desa Mendala sejak Minggu 20 September 2020 hingga Rabu 23 September 2020. Pemantauan di lokasi, tidak nampak ada aktivitas di pasar tradisional tersebut.

Kepala Desa (Kades) Mendala, Ali Murtadlo, menuturkan, penutupan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona atau covid-19. Penutupan dilakukan selama empat hari dan selama waktu itu tidak ada boleh aktivitas di pasar.

"Pasar ditutup total, tidak ada aktivitas pedagang dan pembeli," ujar Ali, Selasa (22/9).

Ia menyebut penutupan pasar dilakukan untuk mensterilkan kawasan pasar dari paparan covid-19. Selama penutupan dilakukan penyemprotan disinfektan oleh tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Desa Mendala. "Pasar disterilkan dengan disinfektan selama dilakukan penutupan," terang Murtadlo.

Kepala Puskesmas Sirampog, Supardi, membenarkan adanya, salah satu pedagang pasar meninggal dunia dan terkonfirmasi postif covid-19. Pasien tersebut dimakamkan dengan protokol jenazah covid-19. Pasien positif Covid-19 dan meninggal dunia di RS Semarang," ujar Supardi.

Ia menjelaskan, pasien tersebut sebelumnya sudah masuk daftar orang dengan resiko (OCR). Pasien memiliki penyakit bawaan diantaranya gula darah dan gangguan pernafasan.

"Sebelumnya sudah masuk daftar ODR kemudian sakit dengan gejala mengarah Covid-19 dirawat di RS Tegal kemudian dirujuk ke RS di Semarang dan positif Covid-19 hasil swab sampai kemudian meninggal," terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan tracking dengan keluarga yang kontak erat pasien dan hasil uji swab diketahui ada dua orang yang positif tetapi tanpa gejala. "Yang hasilnya positif tanpa gejala dilakukan isolasi mandiri," jelasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT