22 September 2020, 14:10 WIB

Awas, Indonesia Jadi Negara dengan Transmisi Covid-19 Terbesar


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora


EPIDEMIOLOG Universitas Gadjah Mada (UGM) Riris Andono Ahmad berpendapat bahwa Indonesia berpotensi menjadi negara dengan transmisi covid-19 terbesar jika tidak dilakukan perubahan dalam menanganinya. Dia menuturkan, pemerintah sebaiknya segera mengambil langkah cepat melakukan penghentian atau pembatasan mobilitas penduduk.

Pembatasan mobilitas penduduk ini sangat penting, sebab pergerakan orang menjadi faktor penyebar covid-19. Dengan adanya pembatasan mobilitas ini diharapkan dapat menekan penularan agar tidak semakin meluas. “Mobilitas penduduk harus segera dihentikan, kalau tidak dihentikan kasus akan terus meningkat,” kata Riris, Selasa (22/9).

Riris melanjutkan, apabila situasi telah terkendali, pembatasan mobilitas sosial bisa kembali dilonggarkan. Namun, jika nantinya dijumpai penularan covid-19 kembali meluas, mobilitas penduduk segera dibatasi kembali. “Ada saatnya kencangkan social distancing dan ada saatnya dilonggarkan,” jelasnya.

Guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Kendati demikian, Riris menilai, masyarakat belum terlalu patuh dengan aturan yang dibuat pemerintah.

Karenanya dia kembali meminta pemerintah untuk tegas dalam menerapkan kebijakan, terutama implementasi protokol covid-19 di lapangan agar dilaksanakan secara konsisten.(H-1)

 

BERITA TERKAIT