22 September 2020, 15:00 WIB

Airbus Segera Produksi Pesawat Ramah Lingkungan


Bagus Pradana | Weekend

PRODUSEN pesawat komersil asal Perancis, Airbus berencana membuat pesawat tanpa emisi komersial pertamanya.Tiga produk pesawat anyar tersebut berbahan bakar hidrogen dan akan diluncurkan pada 2035.

Kepala eksekutif Airbus Guillaume Faury mengatakan rancangan pesawat dengan teknologi ZEROe ini akan menjadi momen bersejarah untuk sektor penerbangan komersial karena penggunaan hydrogen, Bahan bakar ini diyakini secara signifikan dapat mengurangi dampak iklim yang ditimbulkan oleh kegiatan penerbangan.

Bukan pertama kalinya hidrogen disebut-sebut sebagai penyelamat perjalanan udara modern, karena wacana pengembangan bahan bakar ini telah dimulai dari zaman kapal udara di awal abad ke-20, namun bencana Hindenburg pada 1937 mengakhiri era itu.

Pada 2000 hingga 2002, Airbus juga telah terlibat dalam proyek 'Cryoplane' yang didanai Uni Eropa untuk mempelajari kelayakan pesawat berbahan bakar hidrogen cair. Namun proyek tersebut kurang mendapat perhatian hingga akhirnya mandeg di tengah jalan.

Namun baru-baru ini Airbus melakukan manuver teknologi yang mengejutkan, dengan merilis tiga desain pesawat berbahan bakar hidrogen.

"Transisi ke hidrogen, sebagai sumber tenaga utama untuk pesawat terbang ini akan membutuhkan dukungan dari seluruh ekosistem penerbangan," ujar Faury, seperti dilansir dari bbc.com, Selasa(21/9).

"Bersama dengan dukungan dari pemerintah dan mitra industri, kami yakin dapat menjawab tantangan untuk meningkatkan energi terbarukan ini, dan hidrogen sangat layak untuk masa depan industri penerbangan yang berkelanjutan," sambungnya. (M-4)

 

BERITA TERKAIT