22 September 2020, 14:03 WIB

DKI Siapkan Posko Pengungsi 2 Kali Lipat


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MESKI Jakarta tengah dilanda wabah covid-19, hal itu tidak boleh membuat pemerintah daerah serta masyarakat lengah terhadap bencana banjir yang selalu hadir di tiap musim hujan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza menjelaskan untuk mengantisipasi banjir tahun ini, jumlah posko yang disiapkan akan lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tujuannya agar jumlah pengungsi di satu lokasi tidak terlalu padat sehingga tetap ada jaga jarak atau social distancing antarpengungsi.

"Sudah disiapkan titik pengungsi, jumlah dua kali lipat dari biasa. Pengungsian nanti kalau terjadi banjir dan pengungsian kota harus pakai protokol covid termasuk jaga jarak. BPBD telah siapkan titik-titik atau tempat pengungsian dengan jumlah lebih besar," kata Ariza di Balai Kota, Selasa (22/9).

Baca juga: DPRD Minta Anies Sigap Siapkan Tenda Pengungsi Banjir

Masyarakat yang berada di 82 wilayah kelurahan rawan banjir juga diminta selalu waspada akan datangnya banjir, terutama air kiriman dari wilayah hulu. Untuk diketahui sebelumnya, pada Senin (21/9) pukul 18.00 WIB, tinggi muka air Kali Ciliwung di Bentung Katulampa sempat menyentuh 240 cm atau berstatus siaga 1. 

"Sejak kemarin sore hingga malam terjadi peningkatan curah hujan dan debit air di Katulampa juga mencapai tingkat yang cukup tinggi sampai siaga 1. Tapi Alhamdulillah surut kembali hingga siaga 4. Tadi malam Pak Gubernur, saya, dan jajaran juga mengecek langsung ke pintu air Manggarai. Kita sudah siapkan beberapa alat berat termasuk truk untuk mengambil sampah," imbuhnya.

Masyarakat diharap untuk menjaga kebersihan lingkungan termasuk saluran dan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Karena hal itu juga turut membuat saluran dan sungai mampat hingga menyebabkan genangan.(OL-5) 

BERITA TERKAIT