22 September 2020, 13:47 WIB

Tumpukan Sampah di Pintu Manggarai Capai 1689 Meter Kubik


Hilda Julaika | Megapolitan

KEPALA Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Andono Warih mengatakan ditemukan tumpukan sampah mencapai 1.689 meetr kubik (m3) di Kali Ciliwung Pintu Manggarai. Sampah ini terseret dari sungaai ciliwung yang meluap semalam.

“Volume sampah hingga pikul 12.00 di Kali Ciliwung Pintu Manggarai mencapai 1.689 m3,” kata Andono melalui keterangan tulis, Selasa (22/9).

Sementara itu, hingga siang ini sudah sebanyak 200 petugas gabungan dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Dinas Lingkungan Hidup (LH). Para petugas ini dikerahkan untuk melakukan penanganan sampah usai terjadinya hujan deras semalam dan banjir hingga tadi pagi.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta telah mengerahkan sebanyak 52 unit armada terdiri dari 32 unit dari Dinas LH dan 20 unit dari Dinas SDA.Sementara itu, sebanyak 3 unit alat berat turut diturunkan.

“Adapun ketinggian air hingga siang ini mencapai 700 cm,” imbuhnya.

Kemudian, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mengumpulkan sampah ini dengan menggunakan alat dump truck tipper besar sebanyak 525 meter kubik dengan 25 rit, dump truck kecil dengan 72 meter kubik dan 6 rit dan tronton membawa 750 meter kubik sampah dengan 25 rit.

Kemudian, sudah terkumpul 223 meter kubik sampah di BKB Season City, Jakarta Barat. Sampah diangkut menggunakan dump truck tipper besar dengan perjalanan 6 rit dan dump truck tipper kecil dengan 8 rit . Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiagakan 10 petugas dengan 12 unit armada dan dua unit alat berat.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga menyiagakan 10 petugas di Sungai Ciliwung, Jembatan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Ada 5 unit armada dengan yang 2 unit alat berat. Andono tidak menyebutkan volume sampah yang menumpuk di sana. (OL-4)

BERITA TERKAIT