22 September 2020, 13:03 WIB

Jokowi Berencana Jadikan Utara Jawa sebagai Pusat Industri


Nur Azizah | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo berencana membangun kawasan Utara Jawa sebagai pusat industri. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini, pusat pertumbuhan industri di Jawa masih berada di Cilegon, Serang, dan Tangerang.

Rencananya, kawasan industri akan dikembangkan juga ke Jawa Barat bagian Barat. Di sana ada Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Subang yang siap dijadikan pusat industri.

"Kemudian wilayah pengembangan industri Jabar Timur ada Cirebon, Indramayu, dan Majalengka," kata Airlangga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/9).

Baca juga: Pengembangan Pelabuhan Harus Punya Arah Jelas

Adapun wilayah Jawa Tengah ada Batang, Kendal, Semarang, dan Demak.

Sedangkan Jawa Timur ada Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Bangkalan.

Airlangga menyebut total ada 71 kawasan industri sepanjang koridor Utara Jawa. Nantinya, Subang akan dijadikan kawasan Industri logam pangan, dryport, transportasi, dan pengolahan makanan.

"Kemudian Majalengka, tempat Kertajati, untuk penerbangan kargo logistik, tekstil, pangan, juga plastik sintetik," ungkapnya.

Adapun daerah Indramayu akan dijadikan sentra pengembangan kimia hulu, pengolahan ikan, kimia dasar, hulu Agro, Petrokimia hulu, dan sintetik resin. Lalu Cirebon diproyeksikan menjadi tempat pengolahan ikan, furniture, perkapalan, industri pakan, dan bahan galian nonlogam. (OL-1)

BERITA TERKAIT