22 September 2020, 12:59 WIB

Akibat Covid-19, 5 Petenis Mundur dari Prancis Terbuka


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

KABAR buruk datang dari Penyelenggaraan Prancis Terbuka 2020, turnamen yang akan dihelat 27 september hingga 11 Oktober itu mengumumkan dalam akun resmi sosial medianya @rolandgarros, lima petenis terpaksa didiskualifikasi karena positif terpapar covid-19.

"Direktur utama turnamen Roland Garros dapat menginformasi, dua pemain yang bersaing di turnamen kualifikasi telah dites dan dinyatakan positif covid-19," tertulis dalam surat pernyataan resmi.

"Dan tiga lainnya telah dikonfirmasi melakukan kontak dekat dengan pelatih yang dinyatakan positif covid-19," sambungnya.

Atas dasar tersebut, kelima petenis akan melakukan isolasi selama tujuh hari ke depan dan tak dapat berpartisipasi dalam babak kualifikasi.

"Sejalan dengan protokol kesehatan turnamen, kelima pemain tidak dapat berkompetisi dalam babak kualifikasi dan akan melakukan isolasi selama 7 hari," jelasnya.

Baca juga: Murray Kembali ke Roland Garros Pertama Kali Setelah 2017

Kendati telah menerbitkan pengumuman tersebut, pihak penyelenggara enggan mengonfirmasi nama-nama petenis yang dicoret dari turnamen tersebut.

Dalam surat pernyataan itu, dikatakan pula hingga 17 September, pihak penyelenggara telah melakukan sebanyak 900 tes terhadap seluruh pihak yang terlibat sebagai upaya meminimalkan penyebaran covid-19.

Diketahui, sejumlah petenis unggulan sudah menyatakan siap turun dalam turnamen tersebut, Petenis Spanyol Rafael Nadal menyatakan akan ikut berpartisipasi dalam turnamen itu, diikuti petenis nomor satu dunia Novak Djokovic yang juga dikonfirmasi siap berlaga di kejuaraan itu.

Sementara dari sektor putri, petenis putri peringkat pertama Ashleigh Barty menyebutkan dirinya tidak akan turun dalam pertandingan di Roland Garros dikarenakan kekhawatirannya pada pandemi covid-19, namun juara Italia Terbuka asal Rumania Simona Halep akan tampil sebagai unggulan pertama pada turnamen tersebut.(OL-5)

BERITA TERKAIT