22 September 2020, 12:18 WIB

Sampah di Pintu Air Manggarai Capai 888 Ton


Yanti Nainggolan, Hilda Julaika | Megapolitan

DINAS Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat lebih dari 800 ton sampah menumpuk di Pintu Air Manggarai pada Selasa (22/9) pagi. Sampah itu terbawa dari Sungai Ciliwung.

"Total 888 meter kubik dengan ketinggian air 740 cm," terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih dalam keterangan tertulis, Selasa (22/9).

Jumlah petugas yang dikerahkan adalah 20 orang dengan total armada 20 unit. Ada tiga jenis alat berat yang digunakan.

Baca juga: Wagub DKI Minta Jajarannya Waspada Banjir

Pertama, dump truck tipper kecil dengan 2 rit (perjalanan bolak-balik) membawa 28 ton sampah, dump truck tipper besar membawa 400 meter kubik sampah dengan 20 rit, dan tronton membawa 270 meter kubik sampah dengan 9 rit.

Kemudian, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta juga turut mengumpulkan sampah dengan menggunakan alat dump truck tipper besar sebanyak 40 meter kubik dengan 2 rit dan tronton membawa 150 meter kubik sampah dengan 5 rit.

Kemudian, sudah terkumpul 63 ton sampah di BKB Season City, Jakarta Barat.

Sampah diangkut menggunakan dump truck tipper besar dengan perjalanan 3 rit.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiagakan 15 petugas dengan 5 unit armada dan dua unit alat berat.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga menyiagakan 10 petugas di Sungai Ciliwung, Jembatan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Ada 5 unit armada dengan yang 2 unit alat berat. Andono tidak menyebutkan volume sampah yang menumpuk di sana. (OL-1)

BERITA TERKAIT