22 September 2020, 12:12 WIB

Wagub DKI Minta Jajarannya Waspada Banjir


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza meminta masyarakat dan jajaran SKPD untuk waspada terhadap cuaca musim hujan yang akan segera tiba.

Menurutnya, akhir-akhir ini, telah terjadi anomali cuaca yang menyebabkan badai dan hujan lebat mengguyur sejumlah negara hingga menyebabkan banjir di tengah wabah covid-19. Sebut saja banjir yang terjadi di Korea Selatan serta Tiongkok pada bulan lalu yang mencerminkan cuaca yang tidak bersahabat tahun ini.

"Di beberapa negara terjadi anomali, hujan lebat disertai badai, dan banjir di beberapa negara. Ini sangat mungkin terjadi di Indonesia termasuk Jakarta. Masyarakat harus siap menghadapi. Kami sudah siapkan seluruh jajaran aparat dengan segala," kata Ariza di Balai Kota, Selasa (22/9).

Baca juga: 82 Kelurahan Terancam Banjir, Ini Upaya Pemprov DKI

Ia menegaskan Pemprov DKI Jakarta telah mempersiapkan segala keperluan untuk mengantisipasi bencana banjir di musim hujan kali ini.

Selain mempersiapkan aparat, logistik, dan posko-posko, Ariza menyebut dokter juga selalu siap untuk menangani warga.

"Kami jajaran sudah siapkan termasuk dokter-dokter, apabila tadi malam terjadi banjir yang melintasi 82 kelurahan di DKI Jakarta Sungai Ciliwung kami malam sudah siap. Kami berharap hujan bisa reda, dokter kami siapkan," ungkapnya.

Di sisi lain, pengerukan waduk, kali, dan saluran tidak akan berhenti agar bisa menampung lebih banyak debit air di musim hujan.

"Pengerukan sungai ada 13 sungai di Jakarta. Kemudian waduk dan situ yang ada di Jakarta mengerahkan 54 ekskavator yang kami miliki di DKI Jakarta. Terus kami kerjakan sepanjang hari tidak berhenti," tegasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT