22 September 2020, 11:47 WIB

SKK Migas-PHE Siak Serahkan 22 Ribu Masker Kain ke Pemprov Riau


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

GUNA mencegah peningkatan penyebaran covid-19 di Provnsi Riau, PT Pertamina Hulu Energi Siak (PHE Siak) bersama Satuan Kerja Khusus
Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Kantor Perwakilan Sumatra Bagian Utara (SKK Migas Sumbagut) menyerahkan bantuan masker kain sebanyak 22 ribu kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Senin (21/9).

Bantuan masker kain itu diserahkan Field Relations PHE Siak Aditya Julianto kepada Pemprov Riau yang diwakili Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau Indra Agus Lukman dan disaksikan Spesialis Pratama Dukungan Bisnis SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison di Pekanbaru.

Masker kain yang diserahkan itu merupakan masker kain yang dibeli dari kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) di Provinsi Riau.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, NTT Tetap Waspadai Demam Berdarah

Dengan melakukan pembelian di kelompok UKM ini, selain dapat mencegah penyebaran covid-19, juga dapat memutar roda perekonomian masyarakat yang sebelumnya terdampak pandemi ini.

SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Provinsi Riau termasuk PHE Siak menyambut baik arahan dari Gubernur Riau untuk membantu penanggulangan covid-19 melalui bantuan masker.

PHE Siak sendiri memberdayakan UMKM Lokal untuk pengadaan masker ini sehingga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Riau.

"PHE Siak yang melakukan serah terima masker sebanyak 22 ribu dan ke depan akan ada lagi KKKS lain yang akan melakukan serah terima bantuan masker dengan total bantuan masker yang akan diberikan sejumlah 1,25 juta masker," kata Pjs Kepala SKK Migas Sumbagut Haryanto Syafri di Pekanbaru.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau Indra mengucapkan terima kasih atas bantuan masker yang telah diberikan SKK Migas dan PHE Siak.

"Harapan kami para pekerja Migas di Provinsi Riau tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol covid-19 mengingat sektor hulu migas merupakan sektor strategis di Provinsi Riau," ujar Indra.

Saat ini, kasus positif covid-19 di Provinsi Riau telah menyentuh angka lebih dari 5 ribu orang.

Untuk mencegah penyebaran covid-19, masyarakat diminta menggunakan masker kain yang minimal memiliki 2 lapis serta mematuhi imbauan untuk sering mencuci tangan dan menjaga jarak.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, hingga Senin (21/9) petang, di Riau terdapat penambahan 161 kasus Terkonfirmasi covid-19. Kabar baiknya, terdapat penambahan 33 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Kabar duka, terdapat penambahan 6 pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19.

"Sampai saat ini total terkonfirmasi 5.448 kasus dengan isolasi mandiri 2.300 orang, rawat di rumah sakit 849 orang, sembuh 2.193 orang, dan 106 meninggal dunia," kata Mimi.

Ia menjelaskan, suspek yang isolasi mandiri berjumlah 9.625 orang, isolasi di rumah sakit berjumlah 191 orang. Kemudian selesai isolasi berjumlah 17.489 orang, meninggal dunia berjumlah 71 orang. Sehingga total suspek berjumlah 27.376 orang.

"Spesimen diperiksa berjumlah 1.693 sampel dan jumlah orang diperiksa berjumlah 1.351 orang. Sampai hari ini, Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad telah memeriksa 82.140 spesimen," terang Mimi. (OL-1)

BERITA TERKAIT