22 September 2020, 11:34 WIB

Ini Dua Faktor Kunci Bangkitkan Investasi pada Tahun Depan


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

EKONOM dari Universitas Perbanas Piter Abdullah mengatakan ada dua faktor yang bisa membangkitkan perekonomian nasional, khususnya di sektor investasi dan konsumsi.

Kedua faktor tersebut ialah perbaikan regulasi melalui Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja serta penanggulangan pandemi covid-19.

Piter mengatakan, dengan mengeliatnya investasi, lapangan kerja akan terbuka dan pada akhirnya akan mendorong konsumsi rumah tangga.

Baca juga: DPR RI Dukung Program Perbengkelan Alat Mesin Pertanian

"Penggerak ekonomi utamanya tetap konsumsi, investasi akan mendorong penyerapan tenaga kerja dan lebih lanjut mendorong konsumsi rumah tangga," kata Piter dalam keterangan resmi, Selasa (22/9).

Piter mengatakan RUU Cipta Kerja adalah sebuah titik tengah yang menjembatani kepentingan tenaga kerja, pengusaha, dan investor.

Ia mendorong agar seluruh pihak berkepentingan untuk duduk bersama serta berkomunikasi agar seluruh kepentingan bisa terakomodasi.

“Dialog dan komunikasi harus dikedepankan antara buruh dan pengusaha karena regulasi ini berada di tengah-tengah. Yakni membutuhkan buruh, pengusaha, dan investasi masuk,” tandas Piter.

Apabika kedua faktor tersebut, katanya, bisa ditangani dengan baik, maka investasi di tahun depan diprediksi bisa menggeliat. (OL-1)

BERITA TERKAIT