22 September 2020, 11:31 WIB

Pemesanan Mobil Ambulans di Sulawesi Utara Meningkat


Voucke Lontaan | Nusantara

ASTRA Isuzu menyerahkan 11 unit mobil ambulans MU-X pesanan Pemkab/Kota di Sulawesi Utara. Pesanan terbanyak dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud, yakni 5 unit mobil ambulans. Menurut Kepala Wilayah Sulawesi PT Astra Internasional Tbk-Isuzu (Astra Isuzu), Samuel Pilo, mobil ambulans yang dipesan dinas kesehatan ini merupakan mobil andalan Isuzu MU-X 4x4 yang diubah menjadi ambulans. 

"Ternyata disambut positif pasar. Bulan ini Astra Isuzu mulai menyerahkan 11 unit ambulans MU-X 4x4 pesanan sejumlah pemerintah derah di Sulawesi Utara. Pesanan terbanyak lima unit dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud," kata Samuel Pilo, Selasa (22/9).

Penyerahan dilakukan Kepala Cabang Astra Isuzu Manado Elieser Roy Adung kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dr Kerry Monangin di sela-sela peluncuran program Public Service Center (PSC) 119 di Talaud, Senin (21/9).

Roy mengatakan, pihaknya menawarkan Isuzu MU-X 4x4 untuk dijadikan ambulans kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud, karena kondisi medan di wilayah itu yang cukup ekstrem untuk melayani puskesmas di pelosok-pelosok. Dan Astra-Isuzu memberikan jaminan perawatan. Dari lima unit ambulans MU-X 4x4 itu, sebanyak 1 unit digunakan untuk PSC 119, 1 unit untuk RSUD Talaud, 3 unit lainnya untuk melayani 21 puskesmas di Talaud.

baca juga: Di Tengah Pandemi, NTT Tetap Waspadai Demam Berdarah

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menilai, dalam kondisi melemahnya ekonomi memang akhirnya pelaku usaha di sektor otomotif harus berpikir keras untuk mendorong kembali penjualan. Adapun untuk sektor kesehatan memang merupakan sektor yang diperkirakan akan tetap tumbuh. 

"Jadi ada peluang industri otomotif untuk menangkap peluang pasar di tengah aktifitas industri kesehatan yang diperkirakan masih akan bergeliat ketika pandemi belum berakhir. Artinya, industri otomotif bisa menangkap peluang pengadaan kendaraan dari industri yang masih tetap perform di tengah situasi seperti sekarang," ujar Yusuf. (OL-3)

BERITA TERKAIT