22 September 2020, 10:27 WIB

100 Band Terpilih Ikuti Nusantara Virtual Band Competition


mediaindonesia.com | Hiburan

MEMASUKI era New Normal seperti sekarang, berbagai gebrakan harus dilakukan untuk dapat bertahan di tengah situasi pandemi Covid-19 Semua bidang, khususnya para pekerja seni harus menyesuaikan dan beradaptasi dengan keadaan saat ini dengan tetap berkreativitas meski hanya dilakukan dari rumah saja.

Nusantara Virtual Band Competition (VBC) hadir untuk memberikan solusi tersebut. Nusantara VBC merupakan sebuah ajang kompetisi musik untuk band seluruh Indonesia yang berbasis secara virtual atau online, pertama dan terbesar di Indonesia.

Event ini sudah berlangsung dari Juli 2020 lalu, dimulai dengan promosi ke berbagai tempat mengenai pelaksanaan event, lalu pada 1 Agustus–15 September 2020.

"Kami sudah melakukan open registrasi kepada seluruh band se-Indonesia untuk dapat mengikuti kompetisi musik ini. Kegiatan tersebut merupakan beberapa langkah yang terdapat dalam fase 1 di Nusantara VBC," kata .Project Manager Nusantara Virtual Band Competition, Alex Kioka,

 Dari fase satu, pihak penyelanggara telah menemukan beberapa band yang tidak mengikuti aturan untuk ikut serta dalam kompetisi . Misalnya, ada yang tetap mengirimkan penampilan band nya dengan menyanyikan lagu yang bukan berbahasa Indonesia atau hanya mengirimkan penampilan solo bukan dalam satu formasi band. Seperti yang dikatakan oleh

Alex Kioka mengatakan,“Walaupun di fase 1 ada yang tidak mengikuti syarat saat mengirim penampilan band nya, kami juga belajar bahwa banyak band yang berbakat dan memiliki potensi untuk dapat sukses di industri musik Indonesia.”

Setelah selesai fase 1, saat ini committee dari Nusantara VBC sedang dalam proses kurasi untuk memilih 100 band yang dapat melanjutkan ke fase selanjutnya,

“Terima kasih untuk temen-temen band se-Nusantara yang keren-keren, video kalian sudah kami terima, jadi waktu nya kita untuk lihat video temen-temen semua. Tetap Bersama kita, nantikan pengumumannya siapa aja yang akan lolos ke 100 besar nanti,” ucap Ricky Kevin selaku CEO CKH Entertainment.

 Selanjutnya, bagi 100 band yang terpilih akan mendapatkan email konfirmasi yang akan dikirimkan langsung dari official email Nusantara VBC dan dapat melanjutkan ke fase 2. Di fase ini akan ada podcast yang membahas penampilan serta teknik bermusik dari peserta.

Jadi, bagi band-band yang belum beruntung untuk lolos ke fase 2 masih bisa mendapatkan informasi menarik serta pengetahuan baru seputar musik melalui Podcast Nusantara.

 Selain itu di dalam Podcast Nusantara juga akan mendatangkan musisi atau pakar yang sudah lama berkecimpung di dunia musik sehingga para peserta dan penonton setia Podcast Nusantara bisa mengambil ilmu dan saran yang diberikan untuk menjadi pembelajaran kedepannya.

"Jadi, tunggu dan nantikan berbagai rangkaian acara Nusantara VBC karena kami akan menghadirkan #KaryaSangJuara!," jelas Alex. (OL-09)

BERITA TERKAIT