22 September 2020, 10:21 WIB

Jokowi Minta Nasib Nelayan di Patimban Diperhatikan


Nur Azizah | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo minta dampak sosial dan ekonomi atas pembangunan Pelabuhan Patimban diperhatikan. Terutama dampak yang dialami para nelayan di kawasan tersebut.

"Saya juga ingin mengingatkan agar betul-betul diperhatikan dampak sosial dan ekonomi Pelabuhan Patimban ini bagi nelayan. Ini tolong dilihat betul," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/9).

Ia pun memerintahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) turun tangan mengecek dampak tersebut. Bila nelayan membutuhkan kapal, KKP harus menyediakan.

Baca juga: Jokowi Perintahkan Percepat Pembangunan Patimban

"Kalau memerlukan dukungan sarana dan prasarana, kapal misalnya bagi para nelayan yang terdampak ini agar KKP ini bisa memberikan bantuan kepada para nelayan," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, puluhan nelayan yang tergabung dalam Paguyuban Nelayan Patimban melakukan unjuk rasa. Mereka meminta pemerintah memberikan uang ganti rugi atas dampak pembangunan tersebut.

Sebab, setelah adanya pembangunan tersebut akses nelayan jadi terganggu. Mereka pun sulit mencari ikan di bibir pantai.

Pelabuhan Patimban akan menjadi pelabuhan Internasional. Pelabuhan ini juga akan menjadi pelabuhan terbesar kedua di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok. (OL-1)

BERITA TERKAIT