22 September 2020, 03:48 WIB

Pasien Sembuh Capai Lebih 72%


Pra/Ata/Ant/X-10 | Humaniora

JUMLAH pasien covid-19 yang sembuh atau selesai melakukan isolasi terus meningkat. Sejak Maret hingga pekan ketiga September
2020, lebih dari 180 ribu atau 72% penderita virus menular tersebut sudah dinyatakan pulih.

“Jumlah kasus yang sembuh pada pekan ketiga September meningkat jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Ini berarti terapi yang diterapkan para tenaga medis berjalan efektif,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin.

Menurut Reisa, peningkatan angka kesembuhan itu terjadi karena para tenaga medis memberikan asupan bergizi dan obat yang berfungsi menekan infeksi virus di tubuh pasien. Upaya tersebut akhirnya mempercepat masa penyembuhan, termasuk menguatkan imunitas tubuh pasien.

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat, kemarin, jumlah total pasien yang sembuh mencapai 3.470 orang.

Reisa pun menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu meningkatkan angka kesembuhan pasien covid-19, terutama para tenaga medis.

“Terima kasih rekan sejawat, kolega dokter, perawat, tenaga laboratorium, ahli farmasi dan ahli gizi, serta semua tenaga kesehatan yang tidak dapat disebut satu per satu. Karena kerja keras teman-teman semua, banyak saudara kita yang sudah kembali sehat,” tandasnya.

Sementara itu, pemerintah kembali menambah tempat untuk isolasi mandiri pasien covid-19 tanpa gejala dengan membuka tower 4 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, kemarin.

“Kita siapkan tower 4 sejumlah 1.546 bed. Sejak pagi tadi (kemarin) kita mulai masukkan pasien. Sudah dinyatakan siap semua, baik sistem maupun SDM yang memberikan pelayanan,” kata Koordinator RS Darurat Wisma Atlet, Mayjen Tugas Ratmono, di Jakarta, kemarin.

Tower 5 yang sudah digunakan sebelumnya telah terisi sebanyak 1.497 pasien dari 1.570 tempat tidur. Berdasarkan laporan hingga pukul 10.00 WIB kemarin, kapasitas yang tersisa di tower 5 tinggal 73 tempat tidur.

Sementara itu, RS Darurat Covid-19 yang berada di tower 6 dan 7 masih tersisa sebanyak 523 tempat tidur. Adapun perinciannya ialah 306 tempat tidur di tower 6 dan 217 tempat tidur di tower 7.

Dari perincian tersebut, penggunaan tower 6 dan 7 telah mencapai 81,83% dari total kapasitas 2.878 tempat tidur.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Krisnadi mengatakan sudah ada 30 hotel yang menyatakan siap
untuk menampung kebutuhan isolasi bagi pasien covid-19 tanpa gejala. Ke-30 hotel itu memiliki 3.996 kamar.

‘’Ini masih mungkin bertambah seiring dengan waktu dan juga verifikasi oleh tim Satgas Penanganan Covid-19,’’ ujarnya, kemarin. (Pra/Ata/Ant/X-10)

BERITA TERKAIT