21 September 2020, 22:54 WIB

Cek Pintu Air Manggarai, Anies Minta SKPD Bersiap Hadapi Banjir


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

HUJAN lebat yang terus mengguyur wilayah hulu di Kota Bogor membuat debit air Kali Ciliwung meningkat. Selama kurang lebih 30 menit, debit air Bendung Katulampa berada di ketinggian 240cm dan 200cm.

Debit air yang mencapai ketinggian air dengan status Siaga 1 itupun berpotensi sampai ke Jakarta dalam waktu 6-7 jam dan membanjiri daerah hilir Kali Ciliwung yang berada di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun terjun langsung mengecek kondisi tinggi muka air di Pintu Air Manggarai malam ini.

"Malam ini Jakarta bersiap karena ada hujan lebat di kawasan hulu, yang tadi Bendung Katulampa sempat di posisi Siaga 1 lebih kurang 20 menit sampai 30 menit. Dan itu artinya ada volume air dari kawasan pegunungan yang akan datang ke Jakarta," kata Anies, Senin (21/9).

Baca juga :Informasi Lengkap Wilayah Jakarta Terendam Akibat Hujan Tiga Jam

Ia meminta seluruh jajaran aparat kelurahan dan kecamatan yang wilayahnya berpotensi banjir karena air dari hulu agar bersiap.

"Jadi pada malam hari ini, sejak magrib tadi, seluruh jajaran yang kawasan-kawasannya berada di tepi Sungai Ciliwung sudah langsung melakukan pemberitahuan kepada masyarakat untuk siaga karena diperkirakan 9-10 jam, air dari kawasan pegunungan akan tiba di Jakarta, diperkirakan akan sampai sekitar jam 2 sampai jam 4 pagi. Saat ini pintu air di Depok sudah menunjukkan peningkatan. Dan itu artinya kira-kira 5-6 jam lagi sampai di Jakarta," tandasnya.

Anies juga mengingatkan, apabila nantinya diperlukan tempat pengungsian karena air memasuki permukiman warga agar aparat menyediakan lokasi yang tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Antisipasi kita adalah, satu, untuk masyarakat, disiapkan tempat-tempat penampungan apabila mereka sampai terkena banjir. Dan kali agak berbeda karena tempat penampungannya harus memasukkan protokol Covid-19. Selain menyediakan masker, juga lokasi-lokasinya dibuat ada jaga jarak sehingga warga juga terbebas dari potensi penularan Covid-19. Jadi malam hari ini, seluruh kawasan yang di tepi Sungai Ciliwung bersiaga," tegasnya.(OL-2)

 

BERITA TERKAIT