22 September 2020, 00:35 WIB

Halep Akhiri Penantian di Roma


MI | Olahraga

PETENIS Rumania Simona Halep sukses mengalahkan Karolina Pliskova di partai puncak Italia Terbuka 2020, kemarin.

Hasil tersebut membuat Halep untuk pertama kali nya bisa menjuarai turnamen tersebut setelah pada 2017 dan 2018 selalu digagalkan petenis Ukraina Elina Svitolina di final. Pliskova yang merupakan juara bertahan menyerah di set kedua karena cedera ketika Halep memimpin 6-0 dan 2-0.

“Akhirnya, setelah dua final, saya bisa mendapatkan gelar ini,” kata Halep yang merupakan petenis putri rangking kedua dunia. 

“Saya suka dengan turnamen ini dan sangat senang bisa memiliki trofi ini di tangan saya,” sambung dia.

Pemilik dua gelar grand slam itu juga mengatakan kemenangan yang dia raih di Foro Italico, Roma, juga sangat berarti karena Italia Terbuka merupakan titik awal baginya untuk menjadi petenis terbaik di dunia.

Pliskova sendiri sejatinya merupakan rival yang tangguh untuk Halep. Apalagi di turnamen tanah liat dia pernah menang atas Halep pada 2017 saat tampil di Madrid Masters. Namun, Halep tetap lebih unggul mengingat dia sudah tujuh kali menang dari 12 pertandingan.

Halep pun kali ini diuntungkan dengan servis Pliskova yang tidak terlalu baik sejak awal pertandingan. Pliskova juga kemudian harus mendapat perawatan karena kakinya cedera sebelum set kedua dimulai. Dia memutuskan tetap maju dan kembali keluar lapangan setelah Halep sudah unggul dua gim.

Kemenangan di Italia kini mempercantik catatan Halep pada musim ini dengan 14 pertandingan tak terkalahkan secara beruntun. Dia sebelumnya menjadi juara di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Februari. Setelahnya dia juga memenangi lima ronde hingga final di Praha, Republik Ceko.

Selanjutnya, Halep akan mengincar gelar keduanya dari Prancis Terbuka 2020 yang telah dimulai pekan ini. Sebelumnya Halep menjadi juara di turnamen itu pada 2018. Tahun ini, dia menjadi unggulan pertama dan jika mengulang prestasi dua tahun lalu, dia akan memiliki tiga gelar grand slam. Satu gelar dari Wimbledon didapatnya pada tahun lalu.

Petenis Australia Ashleigh Barty yang merupakan juara bertahan memutuskan tidak ambil bagian di Roland Garros. Barty yang kini berstatus sebagai petenis putri nomor satu dunia juga sebelumnya tidak ikut Amerika Serikat Terbuka 2020. (AFP/R-3)

BERITA TERKAIT