21 September 2020, 20:51 WIB

Bupati Serang Terus Prioritaskan Bantuan untuk Ponpes


mediaindonesia.com | Humaniora

Pemkab Serang selalu mencanangkan program bantuan untuk pembangunan pondok pesantren. Itu untuk melakukan penguatan Lembaga Pendidikan keagamaan di Kabupaten Serang.

Tidak mengherankan jika selama menjadi Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah punya program prioritas bidang keagamaan. Bahkan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi telah memberikan penghargaan kepada Ratu Tatu atas dedikasi selaku kepala daerah dalam program serta pembangunan kehidupan keagamaan di Kabupaten Serang.

Sejumlah program bidang keagamaan digulirkan Ratu Tatu selama menjadi Bupati Serang. Yakni pemberian hibah dan dukungan kegiatan keagamaan Rp5,7 miliar, insentif 6.190 guru madrasah diniyah Rp14,85 miliar, insentif 8.686 guru ngaji Rp10,42 miliar, pembangunan pondok pesantren, dan insentif guru TPQ Rp1,39 miliar.  

Kemudian anggaran keagamaan lainnya di Bagian Kesra hingga Rp6,1 miliar dan beasiswa bagi 212 penghafal Alquran. Pemkab Serang juga telah menghibahkan tanah untuk MAN 1 Serang hingga 11 ribu meter persegi, untuk MTs Serang seluas 5ribu meter persegi, dan hibah tanah untuk Kemenag seluas 5 ribu meter persegi.

Setelah diberi amanah di pemerintahan, perintah dan amanah orangtuanya tersebut, sangat melekat di hati Ratu Tatu. "Sekarang di pemda, pesan dari orangtua semakin melekat. Kami harus lebih serius lagi mengurus pesantren dan semakin dekat dengan ulama. Maka Pemkab Serang kemudian punya program rehabilitasi pondok pesantren," ujarnya di Desa Pelamunan, Kramatwatu, Kabupaten Serang, Kamis (20/8/2020).

Setiap tahun, program rehabilitasi pondok pesantren dari Pemkab Serang terus meningkat. Pada 2018 pembangunan untuk 5 ponpes dengan anggaran Rp981 juta. Tahun 2019, sebanyak 13 pondok pesantren dengan anggaran Rp2,6 miliar. Tahun ini 20 pondok pesantren dengan anggaran Rp4 miliar.

"Semoga Allah memberikan kemudahan, meluruskan niat saya untuk terus meningkatkan anggaran untuk pondok pesantren. Termasuk kami terus menggulirkan program beasiswa untuk penghafal Alquran," ujarnya.

Perwakilan keluarga besar KH Muhammad Thohir, KH A Munifi Zaini Thohir mengapresiasi kepemimpinan Ratu Tatu. "Kedekatan ulama dan umaro (pemerintah) sangat terlihat saat ini. Kedekatan tersebut membuat pembangunan di Kabupaten Serang berjalan baik dan sesuai harapan masyarakat," ujarnya. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT