21 September 2020, 19:39 WIB

Katulampa Siaga 1, Ini Wilayah di DKI yang Perlu Waspada


Hilda Julaika | Megapolitan

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau sejumlah wilayah agar waspada dengan kenaikan air. Sebab, ada kenaikan air sekitar 250 cm di Bendung Katulampa.

Adapun wilayah yang diminta waspada selama 6-9 jam ke depan, yaitu Rajawati, Pejaten Timur, Kalibata, Pengadegan, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

"Waspada untuk lintasan Sungai Ciliwung 6-9 jam ke depan. Air akan sampai di Rajawati, Pejaten Timur, Kalibata, Pengadegan, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina dan Kampung Melayu," bunyi cuitan akun Twitter @BPBDJakarta, Senin (21/9).

Baca juga: Ada 2.059 Bencana Alam di Indonesia Sepanjang 2020

Informasi tersebut telah disampaikan kepada lurah dan camat. Berikut, penyebaran informasi melalui SMS Blast, penyebaran informasi melalui DEWS, hingga penyebaran informasi melalui media sosial.

Diketahui, tinggi air muka (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa mengalami kenaikan. Hingga pukul 18.20 WIB, Senin (21/9), ketinggian air melebihi dua meter, tepatnya 250 cm.

Berdasarkan informasi dari penjaga Bendung Katulampa dan BPBD Kota Bogor, kenaikan terjadi akibat hujan di kawasan hulu. Dalam kurun waktu satu jam, air langsung naik hingga menjadikan status siaga satu.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT