21 September 2020, 18:50 WIB

Pemprov Sumsel Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan e-Commerce


Dwi Apriani | Nusantara

PANDEMI Covid-19 membuat bisnis usaha mikro,kecil dan menengah terguncang. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan meminta para pelaku UMKM di wilayahnya agar dapat bertahan ditengah pandemi. Salah satunya dengan cara mengembangkan sarana pemasaran.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel, Musiawati mengatakan berdasarkan hasil survei, UMKM yang eksis dan mampu beradaptasi pada masa pandemi adalah mereka yang terhubung dengan market place atau e-commerce.

‘’Oleh karena itu kami terus berupaya mendorong pelaku UKM agar masuk ke pasar e-commerce agar tetap eksis usahanya,’’ katanya, Senin (21/9).

Pihaknya pun bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan vokasi berbasis e-commerce untuk 100 pelaku UKM di provinsi itu. Dalam pelatihan tersebut, kata dia, pelaku usaha diharapkan bisa mendapatkan strategi untuk beradaptasi pada masa pandemi.

Baca juga : Masuk Zona Merah Covid-19, Pemkab Karawang Sibuk Bikin Sanksi

Musiawati menambahkan, pemerintah sebetulnya telah memberikan banyak dukungan untuk UMKM agar bisa bertahan. Salah satunya, melalui bantuan langsung tunai (BLT) untuk para pelaku UMKM yang terkena dampak Covid-19 senilai total Rp2,4 juta.

‘’Memang pendaftaran bantuan tersebut telah ditutup pada 10 September 2020 lalu, namun bagi pelaku UMKM yang belum mendaftar karena ketinggalaninformasi bisa langsung mendatangi kantor perwakilan UMKM di kabupaten/kota masing-masing untuk informasi lebih lanjut’’ pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT