21 September 2020, 17:35 WIB

Terjatuh di GP Emilia Romagna, Rossi Masih Yakin Juara Dunia


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

VALENTINO Rossi mengungkapkan meski pada GP Emilia Romagna ia gagal finish lantaran terjatuh pada lap ke dua dan tidak mampu melanjutkan balapan dengan menyisakan 12 lap lomba dengan masuk ke pit, Rossi masih yakin akan peluangnya menjuarai kejuaraan dunia di musim ini.

"Kejuaraan masih panjang, jadi segala sesuatu hal masih dapat terjadi," tegas Rossi sebagaimana dilansir laman Crash, Senin (21/9).

Ini menjadi gagal finish yang kedua di musim ini bagi Rossi. Sebelumnya ia mengalami gagal mesin saat di Jerez. Dengan kondisi inni Rossi berada di peringkat ke sembilan dalam klasmen kejuaraan dunia dengan terpaut hanya 26 poin dari Andrea Dovizioso dari tim Ducati.

"Hari ini aku kehilangan sejumlah pon, tetapi itu tidak mengubah banyak hal. Yakni ada banyak pembalap dengan perbedaan poin yang sedikit dan kejuaraan masih sangat terbuka lebar dan panjang. Segala sesuatu masih dapat terjadi," ungkap Rossi.

Untuk itu Rossi menegaskan ia dan timnya akan lebih kuat dan lebih cepat dalam pertandingan akhir pekan ini timnya berupaya melakukan peningkatan meski pada akhirnya selama balapan Rossi mengaku tidak merasa nyaman dengan motornya.

"Aku tidak memiliki daya cengkram (dari motor). Kami harus lebih cepat (lagi)," tegas Rossi.

Dalam balapan tersebut Rossi memang bukan menjadi satu satunya yang gagal finish. Francesco Bagnaia dan juga gagal finish dan Franco Morbidelli dipaksa keluar jalur setelah kecelakaan dengan Aleix Espargaro saat pembukaan balapan.

Dalam keterangan terkait insiden jauhnya Rossi mengaku membuat kesalahan dalam teknik pengeremannya. Namun ia tetap melanjutkan balapan dan ingin memahami ritme motornya karena adanya sejumlah perubahan yang dilakukan pada motornya.

"Cengkeraman belakang dalam akselerasi bukanlah poin kuat kami. Jadi kami mencoba beberapa hal yang berbeda dan sepertinya kemarin saya tidak terlalu buruk, tapi pada seri ini sudah dari pagi ini saya sedikit menderita. Terutama soal sliding dan degradasi bagian belakang," terang Rossi.

Ia menyayangkan dalam lomba ini didinya hanya bertahan setengah lomba sehingga tidak mengetahui betul potensinya meski pada balapan sebelumnya ia merasa lebih kompetitif. Meski disayangkan namun ini memang kondisi saat ini.

"Di sisi baiknya Rossi memiliki balapan lainnya minggu depan di Barcelona. Trak tersebut sangat bagus dan saya sangat menyukainya. Aspal dan level cengkraman akan sangat berbeda di sana. Kami berharap dapat kembali kompetitif," tegas Rossi. (OL-4)

BERITA TERKAIT