21 September 2020, 16:42 WIB

DKI Siap Hadapi Musim Hujan Saat Pandemi


Cindy Ang | Megapolitan

PEMPROV DKI Jakarta siap menghadapi musim penghujan pada akhir September ini selama pandemi covid-19 (korona). Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI menggelar kegiatan Gerebek Lumpur atau pengerukan lumpur demi mencegah banjir sejak Maret 2020.

"Kegiatan untuk membantu mengurangi proses pendangkalan dengan mengerahkan alat berat berskala hingga tiga kali lipat dari kapasitas biasanya," ucap Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Juaini di Jakarta, Senin (21/9).

Juaini mengatakan sebanyak 15 alat berat berupa ekskavator dikerahkan untuk melakukan pengerukan lumpur secara masif. Pengerukan dilakukan di danau, sungai dan waduk di Jakarta.

Baca juga : DKI Diminta Segera Siapkan Lahan Pemakaman Alternatif

"Mulai dari saluran mikro, saluran makro, kali-kali PHB (penghubung), kali-kali besar maupun waduk. Ini kita lakukan untuk mencegah atau pun mengurangi adanya genangan nanti di musim hujan," ujarnya.

Menurut dia, para petugas tetap bekerja meski berada di tengah kondisi covid-19. Juaini menegaskan kegiatan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, Dinas SDA DKI juga membangun sumur resapan, optimalisasi alat berat, serta penyiagaan sekitar 8 ribu personel Pasukan Biru. Pasukan ini bertugas untuk menjaga kebersihan saluran air dan gorong-gorong di Jakarta. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT