21 September 2020, 15:20 WIB

BMW X3 M Competition  dan X4 M Competition Hadir di Surabaya


RO | Otomotif

BMW Indonesia dan BMW Eurokars memperkenalkan dua varian baru di segmen Sport Activity Vehicle (SAV) X3 dan Activity Coupé (SAC) X4 untuk pertama kalinya bagi konsumen di Jawa Timur. Kedua varian baru tersebut adalah BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang mengusung mesin dengan tenaga yang lebih berlimpah.

Perkenalan produk untuk pasar Jawa Timur ini dilakukan secara digital melalui media sosial, disiarkan live dari BMW M-TOWN Surabaya berlokasi di Ciputra World yang memungkinkan para penggemar kendaraan performa tinggi untuk berpartisipasi dari kenyamanan rumah masing-masing.

Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania menjelaskan bahwa 2019 adalah tahun paling sukses dalam 50 tahun sejarah BMW M GmbH, dengan pertumbuhan penjualan 32% dan pengiriman lebih dari 135.000 unit. Penjualan BMW M di Indonesia juga mengalami peningkatan dari 48 unit pada 2018 menjadi 52 unit pada 219.

“Jadi, saya sangat yakin bahwa dengana adanya perluasan segmen di rangkaian kendaraan performa tinggi dengan BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition juga akan menjadi sebuah kesuksesan besar,” ungkapnya, Minggu (20/9).

Penambahan varian BMW M GmbH di SAV dan SAC ini sekaligus menandai kemunculan mesin in-line enam-silinder terbaru yang menonjolkan karakter BMW M high-revving engine. Mesin ini mengusung pembaruan teknologi BMW M TwinPower Turbo terkini, plus sistem pendingin dan oil supply yang telah teruji di lintasan balap.

Mesin dengan teknologi bi-turbo yang dikembangkan khusus untuk BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition ini mengahsilkan output sebesar 30 hp lebih tinggi dari varian non-Competition menjadi total 510 hp.

Dengan torsi maksimum 600 Nm di rentang 2.600-5.950 rpm membuat kedua varian baru Competition ini sanggup melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam tempo 4,1 detik! Sementara kecepatan maksimalnya dibatasi di angka 250 km/jam demi keselamatan.

Mesin ini dipersenjatai crankshaft tempa ringan untuk mengatasi torsi besar berkarakter putaran tinggi. Bagian dinding silinder diberi lapisan besi yang disemprot dengan teknik wire-arc untuk mengurangi bobot dan gesekan.

Kepala silinder memiliki inti yang dicetak melalui 3D-Printing. Teknologi pencetakan 3D telah memangkas bobot inti kepala silinder mesin dan memungkinkan saluran pendinginnya dialihkan dengan cara mengoptimalkan manajemen suhu.

Inovasi terbaru dari teknologi BMW M TwinPower Turbo ini hadirkan dua turbocharger mono-scroll. Penggunaan intercooler dan kompresor lebih canggih juga menjadi kunci peningkatan tenaga.

Teknologi injeksi High-Precision terbaru meningkatkan tekanan injeksi maksimum dari 200 bar hingga 350 bar yang memungkinkan atomisasi bahan bakar di ruang bakar lebih efisien. Sementara pasokan udara dibuat lebih akurat berkat manajemen pengaturan katup variabel perpaduan  antara VALVETRONIC dan Double-VANOS.

Sebelum tersalur ke roda-rodanya, putaran mesin disalurkan pada transmisi Steptronic M 8-speed dengan Drivelogic dan disebar melalui sistem all-wheel-drive M xDrive baru. perpaduan antara M xDrive dan Active M Differential memungkinkan pembagian tenaga pada keempat roda sesuai kebutuhan untuk menghasilkan traksi, kelincahan dan stabilitas arah yang optimal.

BMW Group Indonesia menyatakan bahwa untuk saat ini BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition ditawarkan dalam jumlah terbatas kurang dari 10 unit masing-masing. Bila peminatnya cukup banyak perusahaan akan mempertimbangkan kembali.

“Kami sangat senang akhirnya dapat mengkomunikasikan tentang kedua kendaraan canggih ini - BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition di kota Surabaya!” ujar General Manager BMW Eurokars Sivakumar Krishnan.

Sivakumar menambahkan, BMW Eurokars sebagai satu-satunya diler resmi BMW M di Indonesia, menghadirkan BMW M-TOWN untuk para pelanggan dan komunitas sports car Surabaya. Pelanggan juga dapat mengunjungi melalui https://bmw-eurokars.co.id/ untuk menjadwalkan kunjungan ataupun test drive, dan tentunya untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

BMW X3 M Competition dibanderol dengan harga Rp2,189 miliar sementara BMW X4 M Competition berbanderol Rp2,229 miliar. Kedua harga tersebut dalam kondisi off the road. (S-4)

BERITA TERKAIT